Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj Rosmeri Isdianto melakukan kunjungan kerja ke Posyandu Mawar, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (07/10) petang. F.Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos

PRO PINANG – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj Rosmeri Isdianto melakukan kunjungan kerja ke Posyandu Mawar, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (07/10) petang.

Dalam kunjungan ini, Rosmeri ini memberikan arahan dan motivasi kepada segenap kader di posyandu agar para kader semakin berperan aktif untuk meningkatkan minat masyarakat datang dan berkonsultasi ke posyandu.

“Kader posyandu harus aktif dan kreatif. Teruslah beri penyuluhan dan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan, terutama kesehatan ibu hamil, balita serta lansia. Jika balita semuanya sehat, maka ini jadi kekuatan besar untuk membangun bangsa,” ucapnya.

Selain memberikan motivasi, Ketua TP-PKK PKK ini juga menyampaikan beberapa saran dan masukan agar Posyandu mawar yang menjadi kebanggaan di Tarempa bisa tumbuh dan berprestasi menjadi posyandu terbaik di Kepri.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj Rosmeri Isdianto melakukan kunjungan kerja ke Posyandu Mawar, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (07/10) petang. F.Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos

“Lengkapi lagi fasilitas berupa sarana permainan anak agar anak semangat hadir di posyandu. Selain itu, perbanyak juga varian toga dengan memanfaatkan lahan disekitaran. Belajar juga pemanfaatan toga sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan alami sehingga tidak tergantung dengan obat-obatan kimia,” Saran Rosmery.

Pada kesempatan ini Rosmeri juga mengatakan akan mengaktifkan kembali Dasawisma yang merupakan kelompok para ibu yang terdiri dari 10 sampai 20 KK (kepala keluarga) rumah bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program. Dengan adanya Dasawisma ini semua permasalahan yang terjadi di masyarakat bisa terdeteksi lebih dini.

“Program saya di 2020, aktifkan kembali dasa wisma karena informasi yang disampaikan akan lebih cepat dan akurat disebabkan lingkupnya yang lebih kecil serta bersentuhan langsung dengan masyarakat sekitar. Ada kejadian apa di desa, baik gizi buruk atau masalah kekerasan terhadap anak, bisa langsung terdeteksi sehingga dapat dilakukan pencegahan dini dengan hadirnya Dasawisma,” Urai Rosmeri.

Kepada para kader PKK dan posyandu yang hadir, Hj Rosmery juga menyampaikan keprihatinannya kepada para generasi muda yang terjerumus dalam penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang. Anak-anak ini harusnya kita dekati, kita tampung serta kita bina agar menjauhi hal-hal negatif yang bisa menghancurkan masa depannya kelak.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj Rosmeri Isdianto foto bersama usai melakukan kunjungan kerja ke Posyandu Mawar, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (07/10) petang. F.Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos

“Kita ini di wilayah terdepan Indonesia, yang tentunya pengaruh buruk berupa masuknya barang terlarang seperti Narkotika sangat mengancam masa depan anak-anak kita. Oleh karena itu, sudah merupakan tangungjawab bersama mengantisipasi hal-hal seperti ini. Ke depan saya ingin di tempat ini juga dapat berdiri Posyandu Remaja yang merupakan tempat berkumpulnya para anak muda untuk melakukan kegiatan positif. Tanjungpinang dan Karimun telah ada, semoga Kabupaten dan Kota lain segera menyusul,” harapnya.

Diakhir peninjauannya, Rosmeri menyatakan apresiasi dan kekagumannya kepada segenap kader Posyandu Mawar yang tetap berperan aktif dan menebar manfaat di tengah masyarakat walaupun dengan keterbatasan dana dari Pemerintah serta terus berusaha mendapatkan bantuan dana CSR dari perusahaan setempat.

“Pertahankan semangat ini, ini bentuk inovasi dan kreatifitas yang harus ditiru oleh posyandu lain, walaupun dengan keterbatasan tetap berjalan melayani masyarakat dan selalu berprestasi,” katanha.

Adapun turut mendampingi kunjungan ini adalah Ketua TP-PKK kabupaten Kepulauan Anambas Ny Heryana Abdul Harris beserta pengurus. Turut serta juga rombongan Pengurus TP-PKK Provinsi Kepri diantaranya  Hj Dr Supartini, Ibu Yuliana Hasbi, Ibu Delfatmi, Ibu Sunarsih Firdaus, Ibu Riska dan Ibu Veranika. (cca)

Loading...