Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini. F.Peri Irawan / Batam Pos.

PRO PINANG – Dalam rangka menyongsong pemilihan kepada daerah (Pilkada) 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang akan membuka penerimaan panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kecamatan.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhammad Zaini mengatakan, pada bulan November 2019 akan diadakan penerimaan panwaslu kecamatan, yaitu Tanjungpinang Barat, Tanjungpinang Timur, Tanjungpinang Kota dan Bukit Bestari.

“Di setiap kecamatan ada tiga orang yang akan diterima, sehingga untuk empat kecamatan di Tanjungpinang akan diterima sebanyak 12 orang,” kata Zaini, Kamis (17/10).

Zaini mengimbau kepada seluruh warga Tanjungpinang yang memiliki kompetensi dibidang kepemilkan atau bidang ke pengawasan dapat mendaftarkan diri sebagai panwaslu kecamatan.

“Secara teknis Bawaslu akan mengumumkan di tempat-tempat strategis,” katanya.

Kemudian dijelaskan biasanya proses perekrutan panwaslu itu akan berlangsung selama satu bulan, dan masa tugas panwaslu berlangsung setelah dilantik hingga usai pemilu.

“Akan ikut bersama Bawaslu mengawal proses pemilu hingga selesai,” ucapnya.

Dalam perekrutan biasanya ada tes tertulis dan tes wawancara kepada para peserta seleksi panwaslu kecamatan itu, sedangkan beberapa persyaratannya, Zaini mengatakan pendaftaran harus berdomisili di kecamatan tersebut, tidak pernah dipidana penjara.

“Termasuk berkas administrasi seperti foto copy ijazah terakhir, foto copy KTP dan lainnya,” tambahnya. (cr2)