Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dideportasi tiba di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Jumat (18/10). F.Istimewa

PRO PINANG – Sebanyak tujuh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) termasuk dua anak, dideportasi dari Malaysia melalui pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Jumat (18/10). Beberapa TKI yang dideportasi, tengah mengidap penyakit menular seperti TBC dan HIV/AIDS.

Kepala Pos Keimigrasian Pelabuhan SBP Tanjungpinag Daniel Maxrinto mengatakan, saat dideportasi dari pelabuhan Situlang Laut, TKI didampingi oleh staf Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru, Malaysia.

“Ada sembilan orang. Satu laki-laki, enam perempuan dan dua anak,” jelasnya.

Dari informasi yang diterima pihak Imigrasi, satu orang laki-laki mengidap penyakit TBC. Satu orang perempuan mengidap TBC dan positif HIV. Satu orang perempuanĀ  mengidap penyakit mental dalam kondisi stabil dan satu anak positif HIV.

“Ada juga yang sakit diabetes dan baru melahirkan,” kata Daniel.

Tiba di Tanjungpinang, kata Daniel, TKI langsung diserahkan keĀ Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Tanjungpinang dan Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Tanjungpinang. Selanjutnya TKI akan dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing.

“Asal TKI dari Nganjuk, Kediri, Yogyakarta dan NTB (Nusa Tenggara Barat),” pungkasnya. (odi)