Anggota DPRD Kepri, Rudy Chua.F.Istimewa

PRO PINANG – Komisi II DPRD Kepri akan menjadwalkan rapat kerja dengan Direktur PDAM Tirta Kepri yang baru terpilih, Mamat. Legislator Komisi II DPRD Kepri, Rudy Chua mengatakan salah satu yang akan dibahas adalah mengenai program kerja PDAM Tirta Kepri kedepan, khususnya dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita akan segera menggelar rapat kerja dengan Direktur PDAM, karena komisi II adalah mitranya Badan Usaha Milik Daerah,” ujar Rudy Chua, kemarin.

Politisi Partai Hanura tersebut menjelaskan, pada tahun ini, PDAM Tirta Kepri sebenarnya sudah mengusulkan banyak rencana strategis untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Namun kenyataanya tak satupun usulan tersebut yang diakomodir lewat APBD Kepri 2019 ini.

“Kondisi pelayanan PDAM yang tidak prima tentu sama-sama kita ketahui. Seharusnya Pemprov memberikan dukungan untuk peningkatan pelayanan ini,” tegas Rudy.

Lebih lanjut katanya, rencana-rencana strategis yang sudah disusun oleh PDAM Tirta Kepri tersebut adalah untuk perbaikan pelayanan. Yakni seperti pengadaan pipa HDPE tentunya untuk peremajaan jaringan jaringan yang masih menggunakan pipa besi.

“Tentu sangat kita sayangkan, padahal PDAM Tirta Kepri menjadi tanggungjawab Pemprov Kepri,” tegasnya lagi.

Menurut Rudy, belakangan ini pelayanan PDAM Tirta Kepri semakin tidak beres. Wakil Rakyat dapil Tanjungpinang tersebut menuding, penyebabnya adalah kekosongan Direksi yang dibiarkan terlalu lama oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

“Belakangan ini, berapa banyak laporan tentang pelayanan PDAM. Kenyataannya respon yang diberikan PDAM tidak sesuai dengan yang diharapkan,” papar Rudy.

Pembinan Ikatan Tionghoa Muda (ITM) Provinsi Kepri itu juga mengatakan, posisi Direktur PDAM Tirta Kepri sudah hampir setahun dipegang oleh Asisten II Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum sebagai Pelaksana Tugas (Plt). Kenyataanya, Pejabat tersebut banyak disibukkan dengan agenda pemerintahan. Sehingga tidak optimal dalam memenage PDAM Tirta Kepri.

“Masih banyak pekerjaan rumah yang harus segera diperbaiki. Salah satunya adalah peningkatan pelayanan tentunya,” tutup Rudy Chua.(jpg)