Lokakarya yang digelar Program NSUP Kotaku Bintan. F.Istimewa

PRO PINANG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui program National Slum Upgrading Program Kota Kumuh (NSUP Kotaku) berkomitmen untuk terus mengentaskan kawasan permukiman kumuh di Kepri khususnya Kabupaten Bintan.

Asisten Koordinator program NSUP Kotaku Bintan, Herlynawati Rajagukguk menjelaskan, program tersebut bertujuan untuk menurunkan luas permukiman kumuh dan mewujudkan kolaborasi penanganan permukiman kumuh bersama stakeholder terkait, serta menyediakan infrastruktur permukiman yang handal dan berkualitas.

“Program ini mendampingi lima kelurahan dengan empat lokasi kelurahan pencegahan dan satu kelurahan peningkatan dengan luas kumuh seluas 13,60 hektar,” paparnya, Minggu (20/10).

Permasalahan Kumuh yang ada di lokasi dampingan, lanjut Herlynawati, telah diselesaikan tahun 2018 lalu melalui Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Program Kotaku dengan Alokasi Dana Rp1 miliar. Penyelesaian permasalahan kumuh Kabupaten Bintan melalui kegiatan Pembangunan Jalan Lingkungan, Drainase, MCK dan Sarana Persampahan.

Selain itu, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati tahun 2014, masih terdapat permasalahan kumuh di Kecamatan Bintan Timur dan Teluk Bintan. Berkaitan dengan hal tersebut, dilakukan kegiatan rapat koordinasi melalui Lokakarya Program NSUP-Kotaku agar dapat menghasilkan rumusan-rumusan strategis dan langkah konkrit dalam upaya percepatan penanganan kumuh sehingga target pengurangan kumuh dapat tercapai.

“Kami telah menggelar lokakarya untuk meningkatkan konsolidasi dan koordinasi penanganan kawasan kumuh di Bintan,” jelasnya. (odi)