Ketua TP-PKK Provinsi Kepri, Hj Rosmeri Isdianto dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kepri, Raja Ariza hadiri acara Hari Kesatuan Gerak PKK-KKBK Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dan Tanjungpinang 2019 disejalankan dengan Advokasi Program KKBK bersama Ikatan Bidan Indonesia di Lapangan Pamedan, Tanjungpinang, Sabtu (19/10). F.Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos

PRO PINANG – Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kepri, Raja Ariza mengatakan tantangan yang akan dihadapi sebagai Bangsa kedepan akan semakin berat khususnya dalam penyiapan generasi mendatang. Progam KB dan Kesehatan akan sangat berpengaruh terhadap penyiapan generasi mendatang. Ketidakberhasilan generasi mendatang akan menjadi beban semua.

“Oleh karena itu, perlu peran serta dan partisipasi aktif dari semua pihak untuk mendukung program KB dan program pemerintah lainnya karena pada dasarnya semua apa yang dilakukan oleh pemerintah pada dasarnya berporos kepada kebutuhan dan kepentingan seluruh masyarakat,” kata Raja Ariza saat memberikan sambutan pada acara Hari Kesatuan Gerak PKK-KKBK Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dan Tanjungpinang 2019 disejalankan dengan Advokasi Program KKBK bersama Ikatan Bidan Indonesia di Lapangan Pamedan, Tanjungpinang, Sabtu (19/10).

Turut hadir pada kesempatan ini Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari, Perwakilan FKPD Provinsi Kepri, Wakil Walikota Tanjungpinang Hj Rahmah, Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang Hj Juwariyah Syahrul, Camat Lurah Se-Kota Tanjungpinang, Pengurus IBI Kota Tanjungpinang dan Provinsi Kepri serta Pengurus BKOW Provinsi Kepri.

Ketua TP-PKK Provinsi Kepri, Hj Rosmeri Isdianto hadiri acara Hari Kesatuan Gerak PKK-KKBK Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dan Tanjungpinang 2019 disejalankan dengan Advokasi Program KKBK bersama Ikatan Bidan Indonesia di Lapangan Pamedan, Tanjungpinang, Sabtu (19/10). F.Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos

Menurut Raja Ariza, tantangan  berat akan dihadapi terkait dengan masalah kependudukan di Provinsi Kepri, karena berdasarkan sensus penduduk Tahun 2010, diketahui bahwa struktur penduduk kita sangat tidak menguntungkan, dimana jumlah penduduk usia remaja yang besar, dan akan menjadi peluang terjadinya ledakan penduduk di masa yang akan datang jika mereka ramai-ramai menikah di usia muda, hamil dan melahirkan dengan tidak terencana.

“Upaya pencegahan harus secepatnya kita lakukan dengan bersama komponen masyarakat baik formal dan informal untuk bersama mengatasi masalah ini. Baik dengan upaya pendewasaan usia perkawinan melalui pendidikan kependudukan maupun peningkatan penyuluhan dan pelayanan KB. Jangan sampai ledakan penduduk terjadi di Provinsi Kepri,” harapnya.

Lebih lanjut Raja Ariza menjelaskan bahwa salah satu faktor keberhasilan pembangunan adalah keberhasilan pembangunan SDMnya. Karena itulah peningkatan SDM perlu terus diupayakan mulai dari konsepsi dalam rahim ibu, masa balita,  anak-anak dan seterusnya.

Ketua TP-PKK Provinsi Kepri, Hj Rosmeri Isdianto hadiri acara Hari Kesatuan Gerak PKK-KKBK Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dan Tanjungpinang 2019 disejalankan dengan Advokasi Program KKBK bersama Ikatan Bidan Indonesia di Lapangan Pamedan, Tanjungpinang, Sabtu (19/10). F.Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos

“Tanpa SDM yang berkualitas, rasanya akan sulit untuk mewujudkan cita-cita kita membangun Provinsi ini. Salah satu aspek yang harus menjadi perhatian kita dalam pembangunan SDM adalah pengendalian kuantitas penduduk yang dibarengi dengan peningkatan kualitas penduduk itu sendiri,” jelasnya.

Sementara itu dalam laporannya mengakatakan bahwa Kegiatan Kesatuan Gerak PKK – KKBPK – Kesehatan yang disejalankan dengan advokasi dan KIE Program KKBPK bersama organisasi profesi bersama mitra kerja IBI dan merupakan kegiatan terpadu antara TP-PKK dengan IBI, BKKBN dan dinas Kesehatan Provinsi dan Kota Tanjung Pinang.

PKK, KB, kesehatan merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional dan Hari Kesatuan Gerak PKK . Kegiatan ini selalu dilaksanakan setiap tahun, dan akan dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan (1 Oktober s/d 31 Desember).

Ketua TP-PKK Provinsi Kepri, Hj Rosmeri Isdianto hadiri acara Hari Kesatuan Gerak PKK-KKBK Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dan Tanjungpinang 2019 disejalankan dengan Advokasi Program KKBK bersama Ikatan Bidan Indonesia di Lapangan Pamedan, Tanjungpinang, Sabtu (19/10). F.Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos

“Untuk diketahui bersama Bahwa Kesatuan Gerak PKK dan IBI KB-KES bukan hanya dilaksanakan hari ini saja karena acara yang kita laksanakan hari ini merupakan acara awalnya, tetapi berkelanjutan dalam bentuk action pelayanan di semua Kabupaten/kota sampai dengan akhir bulan Desember 2019,” ujar Rosmery.

Hj Rosmeri Isdianto kembali melaporkan bahwa  kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka Kesatuan Gerak PKK dan IBI KB Kesehatan tahun ini meliputi, 1) Program pemberdayaan dan pembinaan kesejahteraan keluarga yang meliputi, pembentukan, pembinaan dan pemantauan kelompok dasawisma dan posyandu, serta pemanfaatan lahan pekarangan untuk PMT, 2) Keluarga berencana dan ketahanan keluarga yang meliputi pelayanan KB, pembinaan kelompok, bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia dan kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga, pembinaan PPKBD dan sub PPKBD serta 3) Kesehatan yang meliputi penyuluhan dan pelayanan yang berkaitan dengan lingkungan bersih dan sehat, pencegahan dan pemberantasan penyakit gizi dan kesehatan ibu dan anak, terutama dalam pencegahan stunting serta promosi kesehatan/ pemberdayaan masyarakat.

Dirinya berharap dengan banyaknya kegiatan yang akan dilakukan ini semoga semakin memantapkan lagi peran PKK melalui 10 program pokoknya khususnya di bidang KB dan Kesehatan serta dapat meningkatkan peran serta masyarakat dan lintas sektor untuk bersama-sama mensukseskanprogram KB dan Kesehatan.

Ketua TP-PKK Provinsi Kepri, Hj Rosmeri Isdianto foto bersama usai hadiri acara Hari Kesatuan Gerak PKK-KKBK Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dan Tanjungpinang 2019 disejalankan dengan Advokasi Program KKBK bersama Ikatan Bidan Indonesia di Lapangan Pamedan, Tanjungpinang, Sabtu (19/10). F.Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos

“Semoga acara yang sangat penting ini dapat memacu kebersamaan kita dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat,  yang kita harapkan bisa semakin baik.,” tutup Rosmeri mengakhiri laporannya.

Dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK KKBK Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dan tanjungpinang 2019 selain dilakukan pembagian hadiah kepada para penggerak KB yang aktif juga diselenggarakan Pelayanan KB, Pelayanan Pemeriksaan kesehatan dan Akupunktur serta Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran secara Gratis dan juga melaksanakan Bazaar Produk Unggulan BKOW dekranasda fan UP2K Provinsi Kepri. (cca)