Tim Unit Pemberatasan Pungli Kepri melakukan monitoring di Kantor Samsat Kepri, Selasa (22/10).F.Humas Polres Tanjungpinang untuk Batam Pos

PRO PINANG – Tim Unit Pemberantasan Pungutan Liar (Pungli) Kepri melakukan monitoring ke Kantor Samsat Kepri, Selasa (22/10). Kunjungan tersebut bertujuan memonitoring kinerja sektor pelayanan publik di Kantor Samsat Kepri guna mencegah pungli.

Ketua Unit Pemberantasan Pungli Kepri Kombes Purwolelono menjelaskan, kunjungan yang dilaksanakan Kelompok kerja (Pokja) Pencegahan dan Intelejen tersebut, untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat. Jika menemukan atau mengalami praktek pungli, diminta segera melaporkan ke Unit Pemberantasan Pungli Provinsi Kepri.

Saat pemeriksaan, kata Purwolelono, tim melakukan pengecekan langsung terkait alur pelayanan pada loket-loket pelayanan yang tersedia di Samsat Provinsi Kepri. Pihaknya juga berinteraksi langsung dan mewawancarai masyarakat terkait dengan adanya praktek pungli saat pengurusan dokumen kendaraan di Samsat Kepri.

“Selain pengecekan, tim juga menyerahkan banner Stop Pungli untuk dintempatkan di ruangan yang dapat di lihat oleh masyarakat sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat,” paparnya.

Jika saat monitoring ditemukan adanya unsur praktek pungli, pihaknya langsung melakukan penindakan. Jika terdapat temuan bersifat mal administrasi, tim akan segera langsung memberikan saran kepada pelaksana pelayanan.

“Jika ada kesalahan administrasi tim akan saran agar pelaksana pelayanan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelas Purwolelono. (odi)