Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. (dok)

PRO PINANG – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat (DPW NasDem) Kepri menjagokan Muhammad Rudi, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Batam, untuk dicalonkan sebagai Gubernur Kepri pada pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun depan.

Wakil Ketua NasDem Kepri, Pajrin Shihab mengatakan, berdasarkan hasil rapat kerja wilayah (rakerwil), hampir seluruh pengurus di tingkat cabang menginginkan Rudi diusung sebagai calon gubernur pada Pilkada Kepri 2020.

“Memang, dari hasil rakerwil di Kepri sudah tampak bahwa sebagian besar pengurus di daerah menginginkan Rudi sebagai calon gubernur. Namun keputusan itu tergantung DPP NasDem,” kata Pajrin.

Ia menambahkan DPP NasDem belum memutuskan langkah politik dalam menghadapi Pilkada Kepri. Namun NasDem memiliki kesempatan besar mencalonkan kader internal pada pilkada, meski harus berkoalisasi dengan partai lainnya.

Komunikasi politik secara informal dengan partai lain sampai sekarang masih berlanjut.

“Ini (kondisi politik) masih dinamis menjelang pilkada. Kami belum melakukan pertemuan formal dengan pengurus partai lainnya untuk membahas koalisi. Masih ada waktu,” ucapnya.

Pajrin menegaskan, NasDem tetap percaya diri, meski digoncang dengan kasus penangkapan Gubernur Kepri nonaktif Nurdin Basirun, yang saat itu menjabat sebagai ketua NasDem Kepri.

“NasDem memiliki cukup banyak kader yang dapat dijagokan pada pilkada,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, NasDem membuka kesempatan bagi politisi dari luar partai untuk mendaftar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. Penutupan pendaftaran dilakukan pertengahan November 2019.

Kemarin, Huzrin Hood, salah seorang tokoh masyarakat Kepri mengambil formulir di NasDem. Huzrin merupakan politisi pertama yang mendeklarasikan dirinya sebagai calon gubernur. (nip/ant/gun)