Kepala Seksi, Satlinmas, Kantor Satpol PP Provinsi Kepri, Raje Syaiful Anwar memperkenalkan pemateri kepada peserta pelatihan. F.Jailani / Batam Pos

PRO PINANG – Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Penanggulangan Kebakaran, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memberikan bekal khusus bagi puluhan Satuan Perlindungan Masyarakat, Rabu (30/10) di Hotel CK, Tanjungpinang. Kegiatan tersebut dikemas melalui Pelatihan Penanggulangan Deteksi Dini Dalam Bencana Bagi Anggota puluhan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Provinsi Kepri Tahun 2019.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman, tentang tugas dan fungsi satlinmas. Sasaran atau out put dari kegiatan ini adalah terbangunnya pemahaman tentang mendeteksi dini bencana, dan dan aktif penanggulangannya,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Satlinmas, Satpol PP dan Penanggulangan Kebakaran, Provinsi Kepri, Raje Syaiful Anwar, kemarin disela-sela kegiatan.

Plt Sekretaris Kantor Satpol PP dan Penanggulangan Kebakaran, Provinsi Kepri, Wardi membuka kegiatan. F.Jailani / Batam Pos

Dijelaskannya, pada kegiatan kali ini, 50 Satlinmas Kabupaten Bintan yang mendapat giliran. Karena memang, kegiatan yang sama juga diberikan ke Satlinmas di masing-masing Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepri. Lebih lanjut katanya, Satlinmas adalah organisasi yang dibentuk oleh Desa dan Kelurahan. Sehingga perannya sangat penting, baik dalam hal menanggulangi bencana, serta ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, dan kegiatan sosial lainnya.

“Untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman tufoksi Linmas, maka kami mengundang khusus pemateri-pemateri yang bersentuhan langsung dengan berbagai bencana. Yakni dari Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepri,” jelas pria yang akbra disapa Syaiful tersebut.

Masih kata Syaiful, pada kegiatan ini, juga dilakukan berbagai simulasi. Seperti penanganan terhadap korban bencana yang mengalami patah tangan, patah tulangpunggung, dan bencana dilaut. Ia berharap, setelah adanya pembekalan ini, Satlinmas menjadi garda terdepan dalam melakukan deteksi dan mitigasi bencana. Selain itu juga diharapkan, terbangunnya komunikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam hal penanggulangan bencana.

Khairul Nazri, menyampaikan materi kepada peserta pelatihan. F.Jailani / Batam Pos

“Linmas juga harus cepat tanggap dalam mendeteksi dan menghadapi bencana. Kita juga mengharapkan Linmas bisa menjadi agen dalam memberikan edukasi ditengah-tengah masyarakat tentang deteksi dini dan mitigas bencana,” tutup Raje Syaiful Anwar.

Pada kegiatan yang dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kantor Satpol PP dan Penanggulangan Kebakaran, Provinsi Kepri, Wardi tersebut, pihak panitia menghadirkan dua orang narasumber. Materi pertama disampaikan oleh Khairul Nazri, Basarnas Tanjungpinang. Kemudian pemateri kedua adalah, Hardin Nafii dari BPBD Provinsi Kepri. Adapun peserta kegiatan sebanyak 50 orang utusan dari Linmas Kabupaten Bintan. (jpg)