Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma saat memberikan sambutan pada pembukaan Pelatihan Administrasi Manajemen PKK, Kamis (31/10). F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Sebanyak 100 orang anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Tanjungpinang ikuti pelatihan administrasi manajemen yang dilaksanakan oleh dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan pemberdayaan masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang.

Sekretaris DP3APM Kota Tanjungpinang selaku ketua panitia acara, Lindawati mengatakan administrasi memiliki peranan yang penting dalam perjalanan sebuah organisasi, memberikan layanan informasi untuk meningkatkan sumber daya manusia melalui organisasi PKK.

“Dengan pelatihan ini bisa merubah organisasi menjadi lebih baik ke depanya,”kata Linda, Kamis (31/10).

Linda menjelaskan dengan pelatihan itu dapat menciptakan keseragaman format data dan mekanisme administrasi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Tanjungpinang, Juwaryah mengatakan organisasi PKK selaku penggerak harus memiliki kualitas sumber daya manusia (SDM) yang memadai, serta mamahami 10 program PKK terutama terkait administrasi menajemen.

“Sehingga di lapangan pada pelaksanaanya tidak terjadi perbedaan,” ucapnya.

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma foto bersama usai hadiri acara pembukaan Pelatihan Administrasi Manajemen PKK, Kamis (31/10). F.Peri Irawan / Batam Pos

Juwaryah mengatakan PKK tidak hanya organisasi tempat berkumpul bagi ibu-ibu, tapi mempunyai tujuan utama yaitu sebagai penggerak untuk memberdayakan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat kota Tanjungpinang.

“Mampu berperan sebagai motivator masyarakat untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera dan membantu program pemerintahan Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Selanjutnya Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan dalam menjalankan organisasi terdapat dalam prinsip menejemen yang harus dilaksanakan salah satunya tertib administrasi tujuanya untuk meningkatkan kinerja.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme kinerja tim sehingga tercapai tujuannya,” ungkapnya.

Disampaikan Rahma, SDM mempunyai peranan penting dalam suatu organisasi dalam menjalankan alat-alat yang canggih dan modern, tanpa adanya SDM yang berkulitas alat tersebut tidak akan mampu mencapai hasil dengan maksimal.

“Melalui DP3APM PKK Tanjungpinang sudah sampai tingkat nasional mengadakan pelatihan yang mengarah pada aktivitas merencanakan, mengorganisasikan, mengatur, mengawasi dan mengendalikan organisasi,” paparnya. (cr2)