ilustrasi

PRO PINANG – Napoli menjadi satu-satunya tim di grup E, F, G, dan H yang berpeluang lolos ke fase 16 besar. Syaratnya Napoli harus menaklukkan RB Salzburg di Stadio San Paolo sementara Liverpool menang atas KRC Genk di Anfield dini hari nanti (6/11).

Pemain Napoli baru saja menerima amukan sang presiden Aurelio De Laurentiis. Seperti diberitakan Corriere dello Sport, pasca kekalahan 1-2 di tangan AS Roma De Laurentiis memberikan ritiro. Artinya sejak kalah oleh Roma, tak ada periode istirahat buat Lorenzo Insigne dkk.

“Ritiro bukanlah satu hukuman yang saya berikan kepada pemain. Melainkan sebuah jalan agar pemain saling mengenal dengan lebih baik antara yang satu dengan yang lain,” kata De Laurentiis kepada Radio Kiss Kiss.

Beberapa pemain secara langsung malah ditunjuk oleh De Laurentiis mengalami perlambatan performa dalam dua pekan terakhir. Diantaranya pemain belakang (Kalidou) Koulibaly dan penyerang (Hirving) Lozano.

De Laurentiis sangat mengharapkan kemenangan atas RB Salzburg akan menjadi pengobat luka buat para fans. Tiga poin dan lolos menjadi harga yang dipatok oleh De Laurentiis yang tak bisa ditawar lagi.

Pada pertemuan di matchday ketiga (24/10) di kandang RB Salzburg, secara mengejutkan Partenopei menang 3-2. Lorenzo Insigne menjadi pencetak gol kemenangan buat Napoli di laga tersebut.

Sedangkan di Melwood, pelatih Liverpool Juergen Klopp mengatakan berjuang untuk menang bukan demi meloloskan Napoli. Nasib Liverpool sendiri tak dalam situasi aman setelah dalam tiga matchday mengemas poin enam hasil dua kali menang dan sekali kalah.

“Peta persaingan grup ini masih sangat terbuka dan kami saling membutuhkan. Kalau tersisih di fase grup dan finis posisi tiga maka klub masih bisa menata fokus untuk meraih kemenangan di Liga Europa,” ujar Klopp dikutip Liverpool Echo.

Karena itu, terhadap lawan-lawan Liverpool di grup E yakni Napoli, RB Salzburg, dan KRC Genk mereka menaruh respek. Mereka baru akan memasuki matchday keempat dan masih ada matchday kelima dan keenam.

Diunggulkan sebagai unggulan juara, Klopp menganggapnya sebagai sebuah tantangan. “Diunggulkan membuatnya sebagai tim yang bagus dan kamu harus bermain seperti ekspektasi yang diberikan,” tambah Klopp. (dra)