Direktur Kesiapsiagaan Basarnas, Didi Hamzar memberikan materi pelatihan pos komando kepada peserta, Selasa (5/11). F.Humas Basarnas Tanjungpinang untuk Batam Pos

PRO PINANG – Direktur Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Didi Hamzar mengatakan untuk latihan SAR kantor Basarnas Tanjungpinang di tahun 2019 merupakan latihan pos komando, nanti dilakukan simulai sesuai prosedur operasi.

“Dimulai dari perencanaan sampai pada proses pengarahan dan pengendalian,” kata Hamzar, saat wawancara di Kantor Basarnas Tanjungpinang, Selasa (5/11).

Dikatakan Hamzar, tahun 2019 Basarnas Tanjungpiang melakukan inovasi dimana pada latihan pos komando, peserta diberi pelatihan teknik SAR Planer sesuai kurukulum, sehingga peserta pada akhirnya peserta akan diuji.

“Akhirnya akan ada lulus dan tidak lulus kemudian diberi sertifikat,” ujarnya.

Ia mengatakan pelatihan itu merupakan suatu upaya oleh kepala kanto Basarnas Tanjungpinang dalam rangka percepatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) khusunya pada teknik spesialis SAR planer.

“Pembekalanya melalui pemberian materi di kelas dan praktek di lapangan serta ujian yang akan disimulasikan,” ucapnya.

Untuk peserta pelatihan, dari kantor Basarnas Tanjungpinang terdapat 15 personel ditambah satu personel dari Natuna.

“Setiap tahun kita pasti gelar pelatihan SAR Planer tapi kuotanya terbatas, dalam satu tahun hanya 25 orang, sementara kantor SAR ada 38, artinya jika dari Kantor Basarnar Tanjngpinang adab 15 orang jika dikut kan satu orang pertahun maka dalam 15 tahun baru akan selesai, ini merupakan inovasi kepala kantor,”paparnya.

Disampaikan juga penekanan dari Pimpinan Basarnas Pusat, harus profesional, sinergi dan militan dalam menjalankan tugas.

“Sebelumnya sudah dilakukan oleh beberapa kantor SAR dalam upaya percepatan peningkatan kualitas personel,” tambahnya.

Setelah peserta lulus, Hamzar berharap bisa mambantu tugas kepala kantor, dan akan banyak SAR planer yang memenuhi syarat untuk menjadi kepala siaga harian.

“Mereka juga memenuhi persyaratan untuk promosi jabatan untuk masa akan datang,”tuturnya. (cr2)