Penandatanganan Perpanjangan PLKK perwakilan rumah sakit, klinik, puskesmas Tanjungpinang, Selasa (12/11). F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Tanjungpinang gelar gathering serta penandatanganan perpanjangan kerjasama dengan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) se-kota Tanjungpinang.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang, Rini Suryani mengatakan saat ini pihaknya sudah bekerja sama dengan 69 PLKK yang terdiri dari rumah sakit, klinik dan puskesmas, sesuai wilayah operasionalnya.

“Wilayah operasional kami yaitu Tanjungpinang, Bintan, Anambas, Lingga, dan Natuna,” kata Rini dalam sambutannya, Selasa (12/11).

Pada saat itu, dikatakan Rini, khusus Tangpinang dilakukan penandatanganan perpanjangan kerjasama dengan tiga rumah sakit, tujuh klinik dan tujuh puskesmas.

Untuk pembayaran klinik kecelakaan kerja, Rini menyampaikan bahwa PLKK sebagai garda terdepan sebagai unit layanan, saat ini pembayaran oleh BPJS Ketenagakerjaan pada tahun 2019 khusus kota Tanjungpinang sudah sudah membayar sekitar Rp 735.644.000 untuk 154 kasus.

“Sementara untuk pembayaran jaminan untuk empat program kami sudah membayar sebanyak Rp 400 miliar,” paparnya.

Penandatanganan Perpanjangan PLKK perwakilan rumah sakit, klinik, puskesmas Tanjungpinang, Selasa (12/11). F.Peri Irawan / Batam Pos

Rini menyebutkan yang paling banyak mereka bayarkan selain jaminan kecelakaan kerja adalah jaminan hari tua, sebab banyak perusahaan yang melakukan pemberhentian hak kerja (PHK) kepada karyawannya.

“Terkait karyawan yang di PHK, kami sudah berikan program pelatihan bersama Bintan Institut dan vokasi secara gratis,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes Daldal KB) Kota Tanjungpinang, Rustam mengatakan perlindungan kecelakaan kerja kepada tenaga kerja wajib diberikan seluruhnya tanpa terkecuali, sebab pekerja adalah orang-orang yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Tanjungpinang.

“Perlu kita berikan perhatian yang lebih,” ucapnya.

Dengan kerjasama itu, Rustam menyampaikan tentunya akan meningkatkan kepercayaan pihaknya, Rustam menilai selama ini pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sudah baik karena terlihat dari pembayaran klaim yang sudah terlaksana dengan cepat.

“Serta partisipasinya memberikan jaminan kepada panitia dan peserta pada kegiatan yang diadakan di Tanjungpinang seperti Tanjungpinang Run dan Tanjungpinang Internasional Dragon Boat (IDBR) yang baru saja digelar,” tambahnya. (cr2)