Kadisdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto. F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang, Irianto mengatakan saat ini pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) diutamakan untuk pemula dan masyarakat yang sakit dan kebutuhan mendesak lainnya.

“Blangko itu kami berikan kepada pemula, kemudian yang sakit dan yang akan berangkat ke luar daerah serta kebutuhan mendesak,” kata Irianto di Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Selasa (12/11).

Dijelaskan Irianto, setiap bulan blangko untuk KTP itu ada, namun jumlahnya terbatas hanya 23 blangko yang bisa dicetak setiap harinya.

“Blangko 500 per bulan kita peroleh sejak bulan Juni hingga September 2019,” katanya.

Saat ini daftar tunggu blangko yang diusulkan ke pusat sudah mencapai 6.000 blangko, diperkirakan pada tahun 2020 pusat bisa menyediakan blangko, ke depannya pembuatan bisa dioptimalkan dan pada akhir Maret 2020 pembuatan KTP sudah terpenuhi.

Bagian pelayanan di Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang belum lama ini. F. Peri Irawan / Batam Pos

“Bisa kita optimalkan untuk mengejar Pilgub Kepri 2020 besok,” tuturnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan kebutuhan blangko untuk pembuatan KTP di Tanjungpinang dalam satu hari minimal 50 blangko jika dijumlahkan satu bulannya butuh sekitar 1.300 blangko.

“Karena banyak yang rumah, yang hilang, ganti status, pindah alamat,” ucapnya.

Irianto berharap pada tahun 2020 kebutuhan blangko di daerah-daerah bisa dipenuhi pusat untuk memaksimalkan Pilgub. (cr2)