Kepala Kantor Kemenag Tanjungpinang, Samsutarmidi. F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tanjungpinang, Samsutarmidi mengatakan untuk perjalanan ibadah Umrah ke tanah suci Mekah masyarakat tidak perlu khawatir, karena delapan travel Umrah yang ada di kota Tanjungpinang sudah memiliki izin.

“Alhamdulillah, delapam travel Umrah tersebut sudah semua memiliki izin,” kata Samsutarmidi, Jum’at (15/11).

Dijelaskannya, tujuh agen travel Umrah itu berada di Kota Tanjungpinang hanya kantor cabangnya sebab kantor pusatnya berada di luar kota Tanjungpinang, salah satunya di Jakarta, Sedangkan satu lagi kantor pusatnya berada di Kota Tanjungpinang.

“Memang ada sekitar tiga agen travel yang belum memiliki izin dan belum bisa beroperasi membawa masyarakat untuk umrah karena masih dalam proses perizinan,”sebutnya.

Dirinya berpesan, kepada masyarakat Kota Tanjungpinang yang memiliki niat untuk menunaikan ibadah Umrah, sebaiknya terlebih dahulu memastikan identitas travel Umrah tersebut, salah satunya mastikan keberadaan kantornya.

“Pastikan terlebih dahulu kantor agen perjalanan ibadah tersbut ada di sini (Tanjungpinang),”pesannya.

Setelah memastikan keberadaan kantornya, masyarakat juga harus pastikan travel Umrah tersebut sudah memiliki izin dari Kemenang, jika belum memiliki izin sebaiknya jangan mendaftarkan diri untuk berangkat ke tanah suci menggunakan jasa agen travel Umrah itu.

“Kalau sudah ada izin, pastikan hal lainnya seprti jadwal keberangkatan hingga penginapan, jangan sampai saat tiba di tanah suci malah terlantar,” imbaunya. (cr2)