Kepala DPMPTSP Kota Tanjungpinang, Muhamad Iksan. F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Sebanyak 150 peserta gabungan pengusaha dan asosiasi ikuti bimbingan teknis (Bimtek) dan asistensi tentang aplikasi Online Single Submission (OSS).

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tanjungpinang, Muhamad Iksan mengakui dalam satu tahun belakangan pihaknya sudah pernah mengadakan pelatihan bimbingan OSS itu, namun ada peningkatan aplikasi.

“Ada peningkatan dari 0.1 menjadi 1.1 aplikasi ini memang akan terus ditingkan karena dengan adanya perubahan, kita dengan pelaku usaha akan selalu memberikan bimbingan atau asistensi,” kata Iksan, saat wawancara di Hotel Comforta Tanjungpinang, Senin (18/11).

Dijelaskan Ikhsan, keuntungan penggunaan OSS tersebut, jika sebelumnya pelaku usaha secara manual datang ke DPMPTSP untuk mendaftar dengan berkas-berkas yang dibutuhkan, namun dengan penggunaan aplikasi itu akan lebih mudah.

“Pelaku usaha bisa mendaftar dari kejauhan, dari kantor ataupun dari rumah mereka masing-masing,” ujarnya.

Meski demikian, yang perlu diketahui para pelaku usaha adalah jika sudah mendaftar secara online itu belum efektif jika belum diverifikasi oleh pihak DPMPTSP.

“Jika sudah kita verifikasi akan ada yang namanya pemenuhan komitmen yang ditandatangani DPMPTSP,” ucapnya.

Dalam pengajuan perizinan pada DPMPTSP, Iksan mengatakan
terdapat lima tahapan yang harus diikuti oleh pelaku usaha, saat ini terdapat 41 jenis pelayanan perizinan melalui aplikasi OSS yang dikeluarkan oleh pihaknya, serta pelayanan melalui Sistem Informasi Bangunan Gedung (SING) dan SiCANTIK Cloud.

“Hal inilah yang akan kita sampaikan kepada pelaku usaha pada bimtek dan asistensi ini,” imbuhnya. (cr2)