Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Agung Utama. F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Dalam rangka memudahkan dan lebih dekat dalam mendaftar, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Tanjungpinang akan membuat Dropbox di seluruh kantor kelurahan dan kecamatan.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Agung Utama mengatakan tujuan pengadaan dropbox di Kelurahan dan Kecamatan itu salah satu upaya supaya masyarakat lebih dekat untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Rencananya akan pasang di kantor Kelurahan dan Kecamatan yang ada di Tanjungpinang, Bintan, Lingga, Anambas dan Natuna,” Kata Agung saat wawancara Batam Pos, Kamis (21/11).

Dijelaskan Agung, perserta yang ingin mendaftar BPJS Kesehatan bisa membawa berkas yang diperlukan, kemudian diinformasikan apakah ada persyaratan yang kurang atau tidak.

Selanjutnya setelah seluruh persyaratan lengkap kemudian petugas BPJS Kesehatan  akan mengambil berkas Рberkas tersebut kemudian dientrikan ke aplikasi dan akan keluar nomor virtual Acount.

“Nanti akan disosialisasikan dan setelah 14 hari kemudian ¬†perserta membayar,” ungkapnya.

Setelah dilakukan pembayaran, lanjut Agung Menjelaskan maka akan dicetakan kartu dan akan dikirimkan kepada peserta dan itu merupakan mekanisme sederhana yang dibuat.

“Pola ini sebenarnya sudah disiapkan dua sampai tiga tahun, sekarang kami implementasikan kembali,” tambahnya.

Untuk pengadaan boxnya, dikatakan Agung nantinya akan ada pertemuan untuk Lurah dan Camat dalam waktu dekat.

“Seluruh kecamatan dan kelurahan yang ada di Tanjungpinang dan Bintan dulu. Nanti setelah itu ke Kabupaten Lingga, Anambas dan Natuna,” tutupnya. (cr2)