Pengunjung THM sedang diperiksa kartu identisanya oleh petugas Pomal yang sedang razia prajurit, Kamis (28/11). F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Dalam meningkatkan ketaatan dan kepatuhan prajurit TNI, Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang menggelar razia prajurit ke berbagai tempat hiburan malam (THM) di Tanjungpinang, Kamis (28/11) malam.

Komandan Pomal Lantamal IV Tanjungpinang, Letkol Laut (PM) Rus Indarto, M.Tr. Hanla mengatakan atas arahan pimpinan tertinggi TNI untuk meningkatkan ketaatan prajurit TNI.

“Memerintahkan dan mengimbau bahwa ketaatan dan kedisiplinan TNI terhadap peraturan itu perlu,” kata Indarto saat wawancara usai razia.

Dijelaskan Indarto, kehadiran Pomal dalam razia yang melibatkan Polisi Militer Angkatau Udara (Pomau) dan Polisi Militer Angkatan Darat (Pomad) harus bisa menjamin kedisiplinan prajurit di wilayah hukum Lantamal IV Tanjungpinang.

“Dengan cara bergerak melakukan razia pada tempat hiburan, tempat perjudian, dan lain sebagainya merupakan tempat yang memungkinkan adanya potensi ada gesekan-gesekan antara oknum TNI dengan masyarakat, seperti perkelahian dan munculnya pelanggaran, “ujarnya.

Agar hal tersebut terhindar, kata Irdanto lebih baik didahului dengan tindakan pencegahan dan saat razia jika ada oknum TNI yang ditemukan akan diberikan penindakan.

Pengunjung THM sedang diperiksa kartu identisanya oleh petugas Pomal yang sedang razia prajurit, Kamis (28/11). F.Peri Irawan / Batam Pos

“Tadi ada satu (anggota TNI, red) yang kita temukan, dan akan diselesaikan secara prosedur,” katanya.

Pada saat itu, dari tiga angkatan Pomal yang tergabung dalam razia prajurit itu 16 diantaranya Pomal, Pomau doa orang dan Pomad dua orang, dan ke depannya razia itu akan kembali dilakukan.

“Ke depannya akan melibatkan institusi yang bergiat di dalam menegakkan disiplin seperti Polri dan Satpol PP,” sebutnya.

Razia yang digelar malam itu dalam rangka efektif kerja dari hari Senin sampai Kamis untuk meminimalisir kebocoran informasi razia.

“Jadi kita siap untuk razia tidak hanya pada hari libur saja tapi juga pada hari kerja dalam rangka penegakan hukum dan disiplin prajurit,” tambahnya.

Indarto mengimbau kepada prajurit agar senantiasa memegang teguh disiplin serta kepatuhan terhadap peraturan militer. (cr2)