Petugas PLN melakukan perawatan jaringan listrik di Jalan Ahmad Yani Tanjungpinang, belum lama ini. F.Yusnadi Nazar/ Batam Pos

PRO PINANG – Dalam mengantisipasi listrik mati di malam perayaan natal dan tahun baru 2020 nanti, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tanjungpinang kembali melakukan pemeliharaan jaringan dan manajemen beban.

Manager Bagian Jaringan PLN Cabang Tanjungpinang, Ari Hikmawan mengatakan pemeliharaan manajemen beban tersebut menyebabkan terjadinya pemadaman bergilir pada beberapa ruas jalan di Tanjungpinang hingga Bintan.

“Sudah kita mulai sejak Senin 2 Desember kemarin,” kata Ari saat diwawancara Batam Pos, Selasa (3/12).

Dijelaskan Ari pemeliharaan beban dilakukan mulai tanggal 2 hingga 19 Desember 2019 pada jam tertentu yaitu pukul 09.00 WIB-12.00 WIB dan pukul 13.00 WIB-16.00 WIB dengan durasi sekitar 3 sampai 4 jam pengerjaan.

“Beberapa manejemen beban ini mengakibatkan terjadinya pemadaman karena ada penggantian peralatan,” ujarnya.

Selain itu, untuk pengerjaan sendiri agar tidak mengganggu masyarakat yang melaksanakan ibadah, di hari Jumat dan Minggu pengerjaan dihentikan.

“Hari ini kegiatan kita di Senggarang ada banyak pengerjaan seperti penggantian peralatan, penggantian komponen di atas tiang, pembersihan jaringan dari pohon dan lainnya,” sebut Ari.

Disampaikan juga pengerjaan yang dilakukan pada suatu lokasi dalam satu hari itu difokuskan dan harus selesai, sehingga pada hari berikutnya pengerjaan bisa berlanjut pada lokasi lain.

“Perlu diketahui masyarakat, dalam jangka waktu yang telah ditetapkan itu, jika terjadi pemadaman listrik, itu menandakan adanya pemeliharaan beban oleh petugas PLN,”tambahnya.(cr2)