Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma. F.Peri Irawan / Batam Pos.

PRO PINANG – Disebabkan lahan bermasalah, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang batal mendukung upaya Pemprov Kepri untuk membangun Pasar Induk Kepri senilai Rp132 miliar dari APBN di kawasan Batu Delapan, Tanjungpinang. Wakil Walikota Tanjungpinang, Rahma mengatakan pihaknya meminta dukungan untuk revitalisasi Pasar Baru Tanjungpinang.

“Pada prinsipnya kita sangat mendukung pembangunan Pasar Induk Kepri. Namun ada beberapa persoalan yang belum bisa dituntaskan,” ujar Rahma belum lama ini di Tanjungpinang.

Mantan Legislator DPRD Kota Tanjungpinang tersebut menjelaskan, ada 10 item yang harus dipenuhi. Namun yang menjadi pertimbangan adalah persoalan lokasi yang menjadi titik pembangunan tersebut. Karena berada dikawasan mangrove, dan harus dilakukan reklamasi, tentu membutuhkan proses yang cukup panjang.

“Memang Kementerian Perdagangan dan Industri sudah menyiapkan anggaran Rp132 miliar. Namun daripada menjadi persoalan hukum, lebih baik tidak dipaksakan,” tegas Rahma.

Lebih lanjut, Perempuan Anti Korupsi, Provinsi Kepri tersebut menyebutkan, meskipun rencana strategis tersebut belum terlaksana, pihaknya akan meminta dukungan untuk revitalisasi Pasar Baru I dan II, Tanjungpinang. Ia berharap rencana ini mendapatkan dukungan dari Pemerintah Pusat. Sehingga melalui revitalisasi, bisa dilakukan peningkatan dan penataan.

“Kemampuan anggaran kita terbatas, salah satu adalah meminta dukungan kepada Pemerintah Pusat,” jelas Rahma.

Terpisah, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan (Barenlitbang) Provinsi Kepri, Naharuddin yang mendampingi Plt Gubernur menemui Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, khusus untuk Tanjungpinang ada beberapa usulan strategis yang disampaikan. Yakni pembangunan jalan lingkar, jembatan Pinang marina-Kampung Bugis, dan Sungai Nyirih.

“Selain itu ada juga revitalisasi Pasar I dan Pasar II Tanjungpinanang. Kemudian adalah penataan Pulau Penyengat dan Istana Kota Rebah, “jelas pria yang pernah duduk sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri itu, kemarin.(jpg)