KaDinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang, Rustam saat mempraktekkan cara penggunaan mesin antrean elektronik terintegrasi di Puskesmas Tanjung Unggat belum lama ini.F.Dokumentasi untuk Batam Pos.

PRO PINANG – Sebagai upaya dalam memudahkan masyarakat saat akan berobat ke Puskesmas, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (Dinkes Dalduk KB) Kota Tanjungpinang luncurkan mesin antrean elektronik terintegrasi.

Kepala Dinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang, Rustam mengatakan untuk menggunakan mesin tersebut masyarakat bisa menggunakan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Tidak hanya menggukan kartu BPJS Kesehatan, pakai KTP juga bisa,” kata Rustam pada Batam Pos, Minggu (8/12).

Dijelaskan Rustam, saat ini di Tanjungpinang mesin tersebut hanya terdapat pada dua puskesmas yaitu Puskesmas Tanjung Unggat dan Puskesmas Tanjungpinang.

“Sementara Puskesmas Batu 10 belum ada,”ujarnya.

Puskesmas Tanjung Unggat saat ini sudah menyediakan mesin antrean elektronik terintegrasi, Minggu (8/12). F.Peri Irawan / Batam Pos.

Untuk tata cara penggunaanya, Rustam menjelaskan, saat datang ke mesin antrean elektronik terintegrasi itu pilih menu pendaftaran pasien, kemudian scan kartu BPJS Kesehatan atau KTP dan nomor antrean akan muncul pada layar, kemudian pilih layanan yang dibutuhkan.

“Akan muncul banyak pilihan seperti poli umum, poli gigi, poli KIA (Kartu Identitas Anak), Laboraturium, UGD(Unit Gawat Darurat), serta KB (Keluarga Berencana), masyarakat tinggal pilih,”paparnya.

Kemudian saat sudah memilih salah satu pelayanan akan keluar kertas nomor antrean dari mesin itu, dan tidak perlu melakukan pendaftaran antrean pada petugas, bisa langsung menuju layanan yang dipilih.

“Layanan ini sangat memudahkan, semoga memberi kenyamanan bagi warga Tanjungpinang,”harapnya. (cr2)