Bea Cukai Tanjungpinang bersama instansi terkait lainnya memusnahkan barang ilegal di TPA Ganet Tanjungpinang, Senin (9/12). F.Yusnadi Nazar / Batam Pos

PRO PINANG – Bea dan Cukai (BC) Tanjungpinang memusnahkan jutaan barang hasil tegahan yang ditetapkan sebagai Barang Milik Negara (BMN) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ganet Tanjungpinang, Senin (9/12). Pemusnahan barang ilegal tersebut, mampu menyelamatkan potensi kerugian negara sebesar Rp 918 juta.

Kepala BC Tanjungpinang, M Syahirul Alim mengatakan, barang yang dimusnahkan berupa 1,9 juta batang rokok, 664,9 liter minuman beralkohol (mikol), 132 unit ponsel, 280 kasur, serta puluhan barang lainnya berupa barang elektronik, sparepart dan perkakas.

“Ini hasil tegahan sepanjang tahun 2018 hingga November 2019” jelasnya.

Bea Cukai Tanjungpinang bersama instansi terkait lainnya memusnahkan barang ilegal di TPA Ganet Tanjungpinang, Senin (9/12). F.Yusnadi Nazar / Batam Pos

Sepanjang tahun 2019, lanjut Alim, Bea dan Cukai juga telah menangani empat kasus barang kawasan bebas tanpa dokumen resmi yang masuk dari Batam ke Tanjungpinang. Ke empat berkas kasus tersebut sudah dinyatakan lengkap (P21) oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Bintan. Selain itu, Bea Cukai Tanjungpinang, turut menerbitkan 191 surat bukti penindakan rokok ilegal dan minuman alkohol serta barang lainnya.

BC Tanjungpinang mengajak masyarakat serta pelaku usaha untuk mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan dengan menjalankan usaha secara baik dan legal.

“Pemusnahan ini diharapkan dapat memberi efek jera kepada pelaku pelanggaran,” tegas Alim. (odi)