Penyerahan hadiah Juara I tim Elye’es Batam oleh Kadispora Kepri bersama dampingi panitia dan pejabat daerah setempat, Minggu (29/12). F.Panitia untuk Batam Pos

PRO PINANG – Komunitas Futsal Tanjungpinang (KFT) menggelar kompetisi KFT U-23 Championship yang difokuskan untuk membina bibit usia dini.

Komperisi itu fokus pembinaan anak-anak usia di bawah 23 tahun sebagai generasi penerus di Tanjungpinang.

Ketua komunitas KFT, Ivan Tri Sudewa mengatakan untuk tingkat nasional baik liga nusantara, pekan olahraga provinsi (Porprov), pekan olahraga daerah (Porda) yang menjadi peserta adalah rata-rata berusia di bawah 23 tahun.

“Melihat prestasi Kota Tanjungpinang di provinsi atau nasional masih kurang baik, sehingga ini perlu dipersiapkan,” kata Ivan di lokasi kompetisi, Minggu (29/12), kemarin.

Dijelaskan Ivan, memang untuk khusus U-23 pertaman kali diadakan, namun untuk pelajar sudah sering dilaksanakan, pihaknya merencanakan program kompetisi usia dini setiap tahun.

“Untuk U-23 harapannya di bulan Februari tahun depan ada kompetisi antar SMA se-Kepri, kemudian pertengahan tahun kami akan buat untuk U-20 atau U-21,” papar Ivan pada Batam Pos.

Dengan persiapan usia dini itu kata Ivan untuk kompetisi tingkat provinsi lebih siap untuk tampil, karena pada Porprov dan nasional beberapa waktu lalu masih belum maksimal karena untuk skil individu kemampuanya belum cukup bagus sebab kesiapan mental yang masih harus ditingkatkan.

“Kompetisi KFT U-23 championship sepenuhnya dari komunitas yang bekerjasama dengan berbagai sponsor seperti TS.Sportware merupakan Apparel Lokal dan disupport oleh media Batam Pos, TV Kepri,dan Kafe Red and Blue,” kata Ivan.

Penyerahan hadiah Juara I tim Elye’es Batam oleh Kadispora Kepri bersama dampingi panitia dan pejabat daerah setempat, Minggu (29/12). F.Panitia untuk Batam Pos

Kompetisi tersebut, Ivan menerangkan berlangsung pada tanggal 24,25,28 dan 29 Desember 2019, diikuti sebanyak 24 tim, enam tim diantaranya datang dari Batam, satu tim dari Karimun, satu tim dari Natuna, sisanya dari Bintan dan Tanjungpinang.

Terdapat juara I sampai IV, tim Fire Play, lima pemain terbaik, dan pencetak gol terbaik.

“Juara I kami siapkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 5 juta, piala, medai dan sertifikat, untuk juara II uang pembinaan sebesar Rp 3 juta, piala, sertifikat, medali, juara III Rp 2 juta, piala, sertifikat, medali dan untuk juara IV uang pembinaan Rp 1 juta, sertifika dan piala,” paparnya.

Sedangkan untuk lima pemain terbaik juga disediakan uang pembinaan dan sertifikat dan piala termasuk top skor.

Lanjutnya menjelaskan untuk peraih juara I dimenangkan oleh Elye’es Batam, juara II tim Dophino Tanjungpinang, Juara III Nelson Selection dari Batam dan Juara IV tim Pacitan Indah dari Tanjungpinang.

“Dengan adanya kompetisi usia dini ini saya berharap semua elemen yang ada di Tanjungpinang bergerak untuk memajukan futsal Tanjungpinang,” harapnya.

Sementara itu Penanggung Jawab pemasaran Batam Pos, Yahya Siregar mengatakan kerjasama yang dibangun bersama panitia sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu dan ke depannya siap bekerjasama dalam mempublikasi setiap kegiatan tersebut.

“Ini juga terbuka kepada komunitas lain yang ingin bekerjasama untuk publikasi di setiap acara dan kegiatan,” tambahnya. (cr2)