Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal. F.Yusnadi Nazar / Batam Pos

PRO PINANG РSepanjang 2019, kasus kriminal di Tanjungpinang mengalami peningkatan dibanding tahun 2018. Polres Tanjungpinang mencatat, tahun 2019 terdapat 335 kasus yang dilaporkan. Sedangkan tahun 2018, Polres Tanjungpinang menangani 283 kasus.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal menjelaskan, dari 335 kasus, sebanyak 212 kasus telah diselesaikan, sementara sisa 123 kasus masih dalam penyelidikan.

“Yang paling menonjol kasus pencurian dan pencabulan. Penyelesaian kasusnya juga mengalami peningkatan,” jelasnya.

Menurut Iqbal, meningkatnya jumlah kasus kriminalitas di Tanjungpinang, tidak terlepas dari pola prilaku masyarakat dan faktor ekonomi.

“Tingkat ekonomi yang belum merata menjadi salah satu faktor meningkatnya angka kriminalitas,” katanya.

Sementara itu, kasus kecelakaan lalu lintas di tahun 2019 juga mengalami peningkatan. Tahun 2018, kasus kecelakaan sebanyak 83 kasus, sedangkan tahun 2019, sebanyak 90 kasus. Dari jumlah tersebut, 19 orang meninggal dunia. satu orang luka berat dan 123 orang mengalami luka ringan.

“Kami sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk menekan angka kriminal dan kecelakaan. Namun meningkatnya jumlah tersebut, karena masih kurangnya kesadaran masyarakat,” terang Kapolres.

Kedepannya, Polres Tanjungpinang akan terus melakukan sosialisasi terkait keamanan dan ketertiban kepada masyarakat guna menekan angka kriminalitas dan kecelakaan. Selain itu, penyelesaian kasus juga akan lebih ditingkatkan secara cepat dan tepat. (odi)