Pejabat Pembuat Komitmen Proyek Gurindam 12, Rodiantari memberikan penjelasan kepada media mengenai progres proyek strategis Pemprov Kepri tersebut, Senin (8/7). F. Jailani / Batam Pos

PRO PINANG – Tahun Anggaran (TA) 2020 menjadi tahun ketiga atau terakhir mega proyek multi years milik Pemprov Kepri yang digarap PT Guna Karya Nusantara dengan nilai kontrak Rp514 miliar. Sampai berakhirnya TA 2019 lalu, secara keseluruhan proyek strategis itu sudah rampung 45,07 persen.

“Capaian target sesuai dengan rencana kerja yang disusun oleh kontraktor. Tentu pada 2020 kontraktor menyelesaikan 55,93 persen pekerjaan lanjutannya,” ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Gurindam 12, Rodiantari, Selasa (31/12) lalu di Tanjungpinang.

Pria yang menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPP) Provinsi Kepri tersebut menjelaskan, capain 45,07 persen tersebut dibagi pada beberapa sektor pekerjaan. Pekerjaan pemancangan tiang pancang jembatan sepanjang 650 m sudah selesai 100 persen. Pekerjaan sheetpile beton  pada zona 2A sudah selesai 80 persen.

“Pekerjaan sheetpile baja pada zona Tunjuk langit sudah selesai 53 persen, pekerjaan pasang batu kosong sudah selesai 80,5 persen. Pekerjaan Tiang pondasi jembatan sudah selesai 44 unit dari 76 atau 56 persen. Kemudian pekerjaan timbunan pasir ┬ásudah selesai 60 persen, pekerjaan timbunan biasa sudah selesai 50 persen,” jelas Rodi.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Seksi (Kasi) Sumber Daya Air, Dinas PUPP Provinsi Kepri tersebut menegaskan, target pekerjaan Tahun 2020, dengan pagu anggaran 214 miliar terbagai pada beberapa bidang pekerjaan. Pertama adalah penyelesaian landscape dan finishing zona 1A, depan Dedung Daerah.

Kedua penyelesaian pondasi jembatan dan dilanjutkan denga pekerjaan lantai jembatan di rencanakan bulan k-6 jembatan selesai 100 persen. Ketiga lanjutan pekerjaan jalan pendekat/causway menuju jembatan sepanjang 550 meter. Yakni, dari arah lantamal/batu hitam-jembatan), dengan struktur pasangan batu kosong denga penimbunan pasir laut dan timbunan tanah urug.

“Keempat adalah penyelesaian pekerjaan lanscape dan finishing pada zona tunjuk langit (2A). Kita berharap tentunya, pekerjaan berjalan sesuai dengan rencana kerja yang dibuat. Semoga tidak hambatan besar yang mengganggu pekerjaan di lapangan,” tutup Rodiantari.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS. Arif Fadillah mengatakan sebagian kawasan G12 yang berada di depan Gedung Daerah, Tanjungpinang akan dipersipakan lokasi pelaksanaan MTQ Provinsi Kepri 2020. Untuk pelaksanaan MTQ, Arif mengatakan bahwa kemungkinan akan dilaksanakan pada bulan Maret tahun depan dengan tempat atau lokasi pelaksanaan masih diagendakan di dua tempat yakni lokasi Gurindam 12 atau Gedung Daerah.

“Untuk MTQ kita rencanakan dilaksanakan pada bulan Maret sehingga lebih banyak persiapan menuju pelaksanaan MTQ Nasional di Padang, Sumatera Barat. Sedangkan lokasi, kita berharap semoga dapat dilaksanakan di Gurindam 12,” ujar Sekda Arif. (jpg)