Kabid SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Agusrianto. F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Manusia (SDM), Umum, dan Komunikasi Publik, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Agusrianto mengatakan berdasarkan peraturan presiden (Perpres) nomor 75 tahun 2019 penyesuain iuran akan berlaku per tanggal 1 Januari 2020. Untuk peserta mandiri kelas I Rp 160 ribu per jiwa, Kelas II Rp 110 ribu dan Kelas III Rp 42 ribu per jiwa.

“Per 1 Januari 2020 itu tagihannya akan berubah sesuai kelasnya,” kata Agus sapaan akrabnya saat wawancara di Kantor BPJS Tanjungpinang, Kamis (2/1).

Dijelaskan Agus, terkait sosialisasi kenaikan itu sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu karena informasi kanaikan iurannya juga sudah lama sejak September 2019, sudah diinformasikan melalui media dan disampaikan kepada pemerintah daerah.

“Berbagai tanggapan yang diberikan masyarakat, ada yang memaklumi sebagai cara menyesuaikan dengan devisit yang terjadi, dan ada yang beranggapan itu sangat menyulitkan,” ujarnya.

Menurut Agus, kenaikan iuran itu akan berdampak positif dan bagi masyarakat yang tidak mampu membayar sebenarnya ada pilihan yaitu masuk kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibiayai oleh pemerintah.

“Tentunya dengan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah daerah,” ucapnya.

Seleksi kepeserta PBI itu dimulai dari tingkat kelurahan, RT, RW, Kecamatan, dan Dinas Sosial (Dinsos) yang didata sebagai masyarakat tidak mampu.

“Saat ini PBI sudah mencapai 20 ribu jiwa yang sudah terdaftar,” tutur Agus.

Sejak informasi kenaikan muncul, Agus mengakui banyak sekali masyarakat yang melakukan turun kelas, ada yang turun dari kelas I ke Kelas III, dari Kelas II ke Kelas III.

Saat ini untuk mengingatkan para peserta untuk membayar tepat waktu juga ada kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang direkrut di luar karyawan BPJS Kesehatan.

“Selain untuk memberikan informasi juga mengingatkan masyarakat untuk membayar iuran,” sebutnya. (cr2)