Bawaslu Kota Tanjungpinang dan KPU Kota Tanjungpinang berkunjung ke Mapolres Tanjungpinang. F.Humas Polres Tanjungpinang untuk Batam Pos

PRO PINANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tanjungpinang bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, terus mempererat sinergitas dengan Polres Tanjungpinang. Sinergitas yang dibangun guna menyukseskan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kepri 2020.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini mengatakan, kerjasama pihaknya dengan kepolisian telah terjalin dengan baik sejak Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu. Menghadapi Pilgub 2020 mendatang, pihaknya akan terus bersilaturahim guna meningkatkan sinergitas dalam menciptakan Pilgub yang demokratis, bermartabat, damai dan kondusif.

“Silaturahim ini urgen guna meningkatkan koordinasi dan penguatan fungsi kelembagaan dalam menyukseskan Pilgub mendatang,” kata Zaini, Rabu (8/1).

Secara teknis, kata Zaini, sinergitas bersama kepolisian telah terbangun dalam berbagai hal seperti penegakan hukum dan upaya pencegahan terhadap berbagai potensi kerawanan. Bawaslu juga telah mengintruksikan kepada seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang telah terbentuk agar membangun sinergitas dengan kepolisian dan instansi terkait lainnya di setiap Kecamatan.

Dalam waktu dekat, lanjut Zaini, akan dibentuk kembali Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Secara umum pada Pemilu 2019, Bawaslu telah menangani 15 dugaan pelanggaran Pemilu yakni 12 Pidana Pemilu, dua pelanggaran administrasi dan satu pelanggaran kode etik,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal mengatakan, terkait pembentukan Sentra Gakkumdu, pihaknya akan menyiapkan personel berkompeten agar dapat menjalankan tugas dengan baik.

“Personel kepolisian akan terus bersinergi dengan pihak Bawaslu dan Panwascam,” jelasnya. (odi)