Petugas BPJS Kesehatan Kota Tanjungpinang saat memberi pelayanan kepada masyarakat yang datang pada MCS, Jum’at (17/1). F.BPJS Kesehatan Kota Tanjungpinang untuk Batam Pos.

PRO PINANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tanjungpinang hadirkan Mobile Customer Service (MCS) di sejumlah titik strategis di Kota Tanjungpinang dalam rangka memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, BPJS Kesehatan Tanjungpinang, Wan Effi Yulisna mengatakan sebagai badan yang mengelola Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) MCS bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat.

“BPJS Kesehatan terus berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat peserta JKN-KIS yang terus bertambah setiap harinya,”ujarnya, Jum’at (17/1).

Yulisna mengatakan MCS BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang belum lama ini berkesempatan untuk mengunjungi Kelurahan Kampung Bugis, dalam rangka jemput bola, memfasilitasi masyarakat untuk mendaftar.

“Jemput bola ke peserta, sehingga peserta tidak perlu mengantri di kantor,” ujarnya.

Ia mengatakan pelayanan yang akan diperoleh masyarakat di MCS adalah sama dengan pelayanan di kantor BPJS Kesehatan seperti mutasi data, pindah fasilitas kesehatan (faskes), cek status kepesertaan dan pemberian informasi  untuk meningkatkan pemahaman masyarakat luas tentang program JKN-KIS khususnya yang tinggal jauh dari kantor BPJS Kesehatan.

“Selama Januari setiap harinya layanan MCS akan dilaksanakan dan mengunjungi lokasi-lokasi lain di wilayah Kota Tanjungpinang,”katanya.

Lebih lanjut Yulisna menyebutkan pelayanan pada MCS itu dapat juga diperoleh melalui aplikasi Mobile JKN,pihaknya selalu mengajak masyarakat agar mendownload aplikasi Mobile JKN melalui Playstore ataupun Appstore.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa aplikasi Mobile JKN memiliki banyak fitur yang akan memudahkan peserta,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, salah satu peserta JKN-KIS yang berkunjung, Al Masri menilai layanan MCS itu sangat membantunya, karena bisa mendapatkan pelayanan langsung dari petugas BPJS Kesehatan tanpa harus ke kantor, selain kesibukan sehari-hari, kata Masri lokasi rumahnya yang jauh dari kantor BPJS Kesehatan membuatnya tidak sempat untuk ke kantor BPJS Kesehatan.

“Tadi saya sudah melakukan cetak kartu, pindah faskes dan dibantu oleh petugas BPJS Kesehatan untuk mendownload aplikasi Mobile JKN,” ucapnya. (cr2)