Tampak beberapa masyarakat yang joging tidak pada jalur lari yang sudah disediakan. Hal ini sangat membahayakan dirinya jika tertabrak, Rabu (22/1). F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Jembatan Dompak menjadi salah satu tempat yang sering digunakan masyarakat dan komunitas lari atau joging untuk berolahraga pada pagi atau sore hari.

Selain bisa menikmati pemandangan laut, di Jembatan Dompak terdapat joging track atau jalur lari yang bisa digunakan pelari untuk joging, selain bisa melihat langsung ke arah laut jalur tersebut tentunya juga aman dari kendaraan yang melintas di Jembatan yang membelah laut tersebut, karena pada sisi kiri dan kanannya dibatasi pagar beton dan pagar besi.

Meski demikian pantauan Batam Pos, masih banyak para pelari yang joging di median jalan Jembatan Dompak dibanding memanfaatkan jalur lari yang sudah disediakan Pemerintah.

Salah seorang pelari, Afriadi, 25, mengaku lebih senang lari pada median atau jalur kendaraan di Jembatan Dompak. Menurutnya, jalur lari yang tersedia permukaannya kasar dan terdapat tangga di dalamnya sehingga mengganggunya untuk joging.

“Lebih enak di sini (median jalan, red) tidak ada tangga, bisa joging dengan lancar,” katanya, Rabu (22/1).

Padahal diakuinya, jalur yang digunakan sangat membahayakan dirinya jika tertabrak kendaraan yang melaju di di jembatan tersebut.

“Tetap waswas tentunya, karna kendaraan ramai yang lewat,” akunya.

Tampak beberapa masyarakat yang joging tidak pada jalur lari yang sudah disediakan. Hal ini sangat membahayakan dirinya jika tertabrak, Rabu (22/1). F.Peri Irawan / Batam Pos

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas (Lalin) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto mengapresiasi para komunitas lari atau masyarakat yang joging di Jembatan Dompak untuk menjaga kesehatan, namun kata Teguh, untuk keselamatan saat joging jauh lebih penting.

“Kami minta para pelari agar menggunakan fasilitas berupa joging track yang disediakan pemerintah,” kata Teguh saat diwawancara Batam Pos.

Teguh juga mengimbau, jangan sampai kegiatan olahraga itu mengganggu jalur kendaraan yang melintas, selain untuk para pengendara juga sangat berbahaya.

“Sangat berbahaya, mana tahu ada pengendara yang hilang kendali saat melintas di Jembatan Dompak, sementara masyarakat yang joging juga ramai,” katanya.

Di tempat berbeda, Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal juga mengimbau masyarakat yang joging di Jembatan Dompak agar memperhatikan keselamatan saat berolahraga.

“Gunakan jalur yang sudah disediakan. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pesan Iqbal. (cr2)