Puluhan Satpam sedang senam kolosal di lapangan Mapolres Tanjungpinang, usai upacara HUT Satpam ke-39, Rabu (22/1). F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Sempena Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke-39, Kapolres Tanjungpinang meminta para Satpam agar terus meningkatkan skill, keterampilan dan pelayanan yang humanis karena Satpam bagian penting dalam mendukung tugas Polri mewujudkan keamanan, ketertiban.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal mengatakan bahwa Satpam merupakan perpanjangan tangan dari penegak hukum, kepolisian, sebagai penindakan awal saat ada tindakan pelanggaran yang tertangkap tangan ataupun yang terjadi di sekitarnya.

“Satpam sangat berkontribusi besar pada Polres Tanjungpinang dalam mencegah tidakan kejahatan,” kata Iqbal saat wawancara usai upacara peringatan hari ulang tahun Satpam, Rabu (22/1).

Disampaikan Iqbal, peranan Satpam membantu Polres dalam mewujudkan wilayah Tanjungpinang yang aman dan kondusif.

“Kita akui bahwa eksistensi satpam ┬áberkontribusi besar dalam mendukung program prioritas pemerintah dalamhal memberikan jaminan keamanan,”ujarnya.

Satpam memiliki perasan strategis dalam mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat, dan pada kesempatan itu kata Iqbal sengaja dilakukan upacara HUT Satpam ke-39.

Puluhan Satpam sedang senam kolosal di lapangan Mapolres Tanjungpinang, usai upacara HUT Satpam ke-39, Rabu (22/1). F.Peri Irawan / Batam Pos

“Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada satpam, agar termotivasi bahwa satpam adalah profesi yang mulia karena tugasnya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,” ucpanya.

Dijelaskan Iqbal dalam pelatihan Satpam saat ini sudah mengikuti pola di Kepolisian dengan program kekinian atau modern serta akan dilakukan pelatihan dan pembinaan secara rutin untuk mendorong agar saat bertugas bisa lebih maksimal.

“Saat ini jumlah satpam di Tanjungpinang sebanyak 700 personel, yang sangat berpengaruh pada keamanan dan ketertiban masyarakat,” tambahnya.

Iqbal juga berpesan Satpam di Tanjungpinang agar menjaga kesehatan, tanamkan kebanggaan dan kehormatan sebagai anggota Satpam, menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelaksanaan tugas serta senantiasa memegang teguh kode etik dan profesi satpam.

“Tingkatkan kesiapsiagaan, sehingga setiap gangguan keamanan di lingkungan kerja dapat ditangani dengan cepat dan tuntas,” imbaunya. (cr2)