Persiapan panggung hiburan perayaan imlek di Jalan Merdeka Tanjungpinang, Kamis (23/1). F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Perayaan Imlek tahun 2020 yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa di Tanjungpinang akan berlangsung selama dua hari 24-25 Januari 2020, di depan Vihara Bahtra Sasana Jalan Merdeka Kota Tanjungpinang.

Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesi (PSMTI) Tanjungpinang, Freddy untuk persiapan Imlek pada tanggal 25 Januari 2020 sudah menyiapkan penggung hiburan, pertunjukan kebudayaan yang dilaksanakan secara lokal di Tanjungpinag tidak ada unsur dari luar, termasuk pengisi acara.

“Pertunjukan ada alat musik tradisional dan membawakan lagu-lagu imlek, dan tetap di Jalan Merdeka,” kata Freddy saat dijumpai di Gedung Serbaguna PSMTI, Kamis (23/1).

Dijelaskan Freddy, kegiatan dimulai pada 24 Januari 2020 ada malam hari yang merupakan malam penyambutan Imlek dan berlanjut hingga malam berikutnya 25 Januari 2020 artinya pelaksanaanya selama dua malam.

Persiapan panggung hiburan perayaan imlek di Jalan Merdeka Tanjungpinang, Kamis (23/1). F.Peri Irawan / Batam Pos

“Sedangkan untuk barongsai dilaksanakan secara terpisah dari acara inti yang dua hari tersebut,” ujarnya.

Barongsai tersebut dikatakan Freddy bisa jadi pesanan orang untuk datang ke rumahnya, tapi juga ada yang berkeliling.

Lanjutnya mengatakan untuk pengamanan perayaan Imlek, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polres Tanjungpinang, serta Pemko Tanjungpinang untuk bersama ikut meramaikan saat perayaan imlek.

“Kami berharap karena tahun ini merupakan shio tikus emas yang melambangkan kelincahan, semoga pada tahun 2020 semua bidang usaha berjalan dengan lincah,” harapnya.

Persiapan panggung hiburan perayaan imlek di Jalan Merdeka Tanjungpinang, Kamis (23/1). F.Peri Irawan / Batam Pos

Selain itu ia mengatakan saat ini sudah terpasang ribuan lampu lampion di sekitaran Jalan Merdeka hingga pasar Baru Tanjungpinang dan panggung hiburan.

“Selain itu juga ada pesta kembang api, namun tempatnya harus ditentukan yaitu tempat yang luas, tahun sebelumnya di lapang basket Teladan,” katanya.

Tidak hanya itu, ia menuturkan pihaknya akan melaksanakan bakti sosial yaitu membagikan 350 paket sembako untuk masyarakat Thionghoa Tanjungpinang dan Bintan yang kurang mampu.

“Isinya berupa minuman kaleng, beras dan gula pasir minyak goreng, dan mie instan,” pungkasnya. (cr2)