Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPP) Provinsi Kepri, Rodi Yantari (baju biru) saat meninjau lokasi Proyek Gurindam 12 di Tepi Laut Tanjungpinang belum lama ini. F.Jailani / Batam Pos

PRO PINANG – Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPP) Provinsi Kepri, Rodi Yantari mengatakan penyelesaian proyek Gurindam 12 di kawasan Zona I terus digesa pekerjaannya. Karena diarea tersebut akan dipersiapkan sebagai arena MTQ Provinsi Kepri pada April mendatang.

“Secara umum memang mega proyek G12 wajib tuntas pada sampai akhir tahun anggaran 2020 ini,” ujar Rodi Yantari, kemarin di Tanjungpinang.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek G12 tersebut menjelaskan, di kawasan Zona I tersebut akan dibangun panggung terbuka yang bisa dipergunakan untuk berbagai kegiatan. Selain sebagian areanya dirancang ruang terbuka hijau. Menurut Rodi, pekerjaan diharapkan selesai secepatnya. Sehingga persiapan MTQ Provinsi Kepri dapat berjalan dengan baik.

“Salah satu fokus pekerjaan kontraktor adalah Zona I,” jelas Rodi.

Pengerjaan Proyek Gurindam 12 Tepi Laut Tanjungpinang saat ini masih terus digesa, Minggu (2/2). F.Peri Irawan / Batam Pos.

Masih kata Rodi, untuk reklamasi Zona II juga tidak begitu banyak lagi. Karena kegiatannya hanya sampai dibelakang Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, Kota Tanjungpinang. Kemudian causeway di zona tersebut juga tidak banyak lagi pekerjaanya. Ditegaskan Rodi, kontraktor menargetkan Maret mendatang, pekerjaan sudah terfokus pada badan jembatan.

“Sedangkan causeway dari arah Lantamal IV adalah tahapan terakhir yang akan dikerjakan. Karena pemancangan sudah hampir tuntas,” tutup Rodi.

Sementata itu, Kepala Biro Kesra Provinsi Kepri, Ayub mengatakan pelaksanaan MTQ Provinsi Kepri direncanakan akan dihelat ada 11-17 April 2020 mendatang. Adapun lokasinya adalah diarea Gurindam 12, Tanjungpinang. Menurut Ayub, untuk menyelenggarakan kegiatan itu, Pemprov Kepri sudah mengalokasi anggaran sebesae Rp2 miliar.

“MTQ Provinsi Kepri adalah ajang bagi kita untuk menjaring kafilah terbaik yang akan dikirim untuk mengikuti MTQ Nasional nantinya,” ujar Ayub, Mantan Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Kepri, kemarin. (jpg)