Pihak Dinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang sedang sosialisasi terkait kondisi enam warga yang sedang diobservasi di Pondok Gurindam, Selasa (11/2) Kemarin. F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Untuk menurunkan kekhawatiran warga Pondok Gurindam akibat satu keluarga yang sedang diobservasi dari dugaan terjangkit virus corona, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes Dalduk KB) Kota Tanjungpinang, memberikan sosialisasi kepada warga setempat.

Sosialisasi itu memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa enam orang yang sedang diobservasi hingga 13 Februari 2020 itu dalam keadaan sehat.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang, Susi Pitriana menjelaskan sosialisasi itu menerangkan dan memberi pemahaman kepada masyarakat yang tinggal di Rt 03 Rw 02 Pondok Gurindam bahwa warga yang sedang diobservasi itu dalam keadaan sehat.

“Tidak perlu resah, berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, ke enam orang dalam satu keluarga itu dalam keadaan sehat dan aman, “kata Susi, Selasa (11/2) kemarin.

Dijelaskan Susi, saat sosialisasi disampaikan juga tentang virus corona, bagaimana penularannya, seperti apa gejala, dan bagaimana cara mencegahnya.

“Setelah itu kami harapkan warga Pondok Gurindam bisa tenang dan beraktivitas seperti biasa, “harapnya.

Disampikan Susi, respon masyarakat saat sosialisasi bagus, tidak lagi cemas, setelah observasi selesai diharapkan warga sudah kembali seperti biasa.

“Tidak timbul lagi kecurigaan kepada enam orang tersebut, “sebutnya.

Sementara Ketua Rt 03 Rw 02 Pondok Gurindam, Usman mengakui sejak ramainya pemberitaan tentang virus corona di media, warganya panik saat ada orang yang diobservasi di lokasi tersebut, karena takut terjangkit.

“Luar biasa takutnya, sampai untuk melewati rumah orang yang diduga terkena virus corona ini takut, “kata Usman.

Pondok Gurindam lanjut Usman, menjadi sepi karena warganya takut keluar rumah, namun ketakutan itu sudah terbantahkan, karena pihak Kesehatan sudah memberikan sosialisasi.

“Informasinya ke enam warga ini sehat, sehingga kami tak perlu khawatir, “tambahnya. (cca)