Jajaran Rudenim Pusat mengunjungi Kantor Perwakikan Batam Pos Tanjungpinang. F.Yusnadi Nazar / Batam Pos

PRO PINANG – Jajaran Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pusat mengunjungi Kantor Perwakilan Batam Pos di Tanjungpinang, Kamis (26/2). Kedatangan tersebut dalam rangka menjalin serta mempererat kemitraan antarinstansi pemerintah dan media.

Kepala Rudenim Pusat Ismoyo mengatakan, kunjungan tersebut guna menjalin silaturahim dan perkenalan jajarannya dengan perusahaan media khususnya Batam Pos.

“Dengan kunjungan ini, diharapkan dapat mempererat hubungan dan berbicara hal hal penting dan positif,” kata Ismoyo didampingi Kabag Tata Usaha, Arief Febrianto dan Kasi Penempatan, Octaveri.

Selain itu, Ismoyo berharap dengan kunjungan tersebut, pihaknya mendapat dukungan dan apresiasi dari masyarakat khususnya insan pers, dalam menyukseskan program pembangunan zona interitas 2020.

“Terutama mendukung program menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani), “jelasnya.

Jajaran Rudenim Pusat saat berkunjung ke kantor Perwakilan Batam Pos Tanjungpinang, Kamis (27/2). F. Irfan untuk Batam Pos

Pada kesempatan tersebut, Ismoyo juga menyampaikan tugas pokok Rudenim Pusat di Tanjungpinang. Salah satunya yakni menangani warga negara asing (WNA)  bermasalah termasuk pengungsi dan pencari suaka. Tahun 2019, kata Ismoyo, pihaknya telah mendeportasi sebanyak 361 deteni yang terdiri dari WNA dari Vietnam, Rusia, Nigeria, Republik Rakyat Tiongkok, Banglades dan Aljazair.

“Capaian ini merupakan kinerja positif,” ujar mantan atase Imigrasi di Arab Saudi tersebut. Selain itu, lanjut Ismoyo, pihaknya juga mengkoordinir 12 Rudenim di berbagai daerah di Indonesia. Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi pemerintah lainnya seperti Imigrasi, Kementrian Luar Negeri (Kemenlu), Kepolisian, Kejaksaan dan perwakilan negara asing.

“Koordinasi ini penting untuk meningkatkan kinerja Rudenim Pusat, “katanya.

Dalam kunjungan tersebut, jajaran Rudenim Pusat diterima oleh Kepala Perwakilan Batam Pos Tanjungpinang Cipi Ckandina, Penjab Keuangan, Jumi dan seluruh karyawan Batam Pos Tanjungpinang. (odi)