PRO PINANG – Enam spesialis pencuri sepeda yang diamankan di Mapolsek Batam Kota, sudah melan-carkan aksinya sejak November 2019. Pelaku berhasil membawa kabur puluhan unit sepeda dari beberapa perumahan.

”Memang sudah beberapa bulan (melakukan pencurian). Hasil curiannya ditampung dan dijual lagi,” ujar Kapolsek Batam Kota, AKP Restia Octane Guchy, Senin (2/3/2020) siang.

Dari enam pelaku yang terdiri dari pemetik dan penadah, barang curian tersebut dijual dengan harga rata-rata Rp 1 jutaan.

”Harganya (dijual) bervariasi. Yang dari keterangan pelaku sampai sekarang ada 25 unit lebih sepeda,” kata Guchy.

Guchy menjelaskan, untuk memuluskan aksinya, pelaku menggunakan mobil rental. Modusnya, dengan mengeli-lingi perumahan dan mengincar sepeda yang diparkirkan di halaman rumah.

”Memang untuk mencuri pelaku ini menggunakan mobil rental,” katanya.

Seperti diberitakan sebelum-nya, Satreskrim Polresta Barelang berhasil mengaman-kan enam pelaku spesialis pencurian sepeda, Jumat (28/2) pagi. Dari tangkapan ini, polisi mengamankan bebe-rapa barang bukti sepeda, seperti merek Polygon.

Pengungkapan ini berawal dari tangkapan salah seorang pelaku di Perumahan Buana Vista, Batam Center. Saat itu, pelaku kepergok sedang beraksi oleh anggota unit Pela-yanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Barelang. (opi)