PRO PINANG – Nama Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepri kembali disebut.

Pulau ini terkenal sebab menjadi tempat pengungsi Vietnam.

Kali ini pemerintah ingin membangun rumah sakit khusus di sana.

Sewaktu menjadi kamp pengungsi Vietnam, di pulau ini berdiri rumah sakit PMI yang kini tinggal puing yang ditumbuhi belukar. Oleh pengelola di lokasi rumah sakit itu didirikan tiruan rumah sakit sebagai tanda saja.

Namun belum jelas benar apakah di kamp Vietnam itulah akan dibangun rumah sakit khusus ini. Yang disebut hanya Pulau Galang, tidak menunjuk titiknya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, “Mau dibikin di Pulau Galang di Batam. Karena transport itu lebih mudah. Kalau di Sebaru kalau malam itu ombak besar, itu susah,” kata Basuki di Istana, Selasa (3/3/2020).

Pulau Galang awalnya terpisah dari Pulau Batam. Oleh BJ Habibie dibangun jembatan dari pulau Batam hingga Pulau Galang. Dikenal sebagai Barelang, Batam, Rempang, Galang. Tiga pulau besar yang dilintasi 6 jembatan tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, menuturkan, pemerintah tidak ingin hanya ada satu tempat untuk penanganan Virus Korona. Sehingga tidak hanya di Pulau Sebaru Kecil di Kepualuan Seribu yang dijadikan tempat penanganan virus yang berasal dari Wuhan itu.

“Kita memiliki Pulau Galang, sehingga ada pilihan-pilihan, tidak semua harus dibawa ke satu tempat di Pulau Sebaru,” katanya.

Jokowi juga mengaku, ingin ada kecepatan untuk menangani infeksi penyakit menular. Sehingga percepatan tempat di Pulau Galang bisa dilakukan perbaikan.

“Saya ingin ada fasilitas yang memang betul-betul siap setiap saat,” katanya. (*)