Tim gugus tugas Tanjungpinang saat rapat siaga covid-19 yang dipimpin oleh Teguh Ahmad Syafari, belum lama ini. F.Diskominfo Kota Tanjungpinang untuk Batam Pos.

PRO PINANG – Pemko Tanjungpinang sediakan dana Rp 1  miliar untuk percepatan penanganan virus corona (Covid-19) di Kota Tanjungpinang.

Diketahui tim gugus sudah dibentuk beberapa hari lalu yang diketuai oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Teguh Ahmad Syafari.

Teguh mengatakan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 20 tahun 2020 Tentang Percepatan Penanganan Covid – 19, sebenarnya ada dua anggaran yang dapat digunakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda), yaitu anggaran tak terduga sebesar Rp 1 miliar dan dana lainnya seperti Detail Engineering Design (DED), dana pusat dan dana Insentif.

“kita bisa gunakan anggaran tak terduga sebesar Rp 1 miliar dan dana lainnya seperti DED, dana pusat dan dana Insentif, itu bisa dialihkan, “kata Teguh, Minggu (22/3).

Dikatakan Teguh dana tersebut dimungkinkan oleh pemerintah pusat untuk dilakukan perubahan terlebih dahulu sebelum Perda APBD Perubahan. Katanya Pemda diberi kewenangan mengusulkan anggarannya dalam waktu satu hari.

“Jika dibutuhkan mendesak, OPD bisa mengusulkan kegiatannya satu hari bisa di proses, namun saat ini baru menggunakan dana Rp 1 milliar itu, “ungkapnya.

Teguh juga menjelaskan, saat ini yang menjadi kendala adalah Alat Pelindung Diri (APD) untuk para petugas medis, saat ini APD yang dimiliki di rumah sakit jumlahnya terbatas, termasuk yang ada di puskesmas jumlahnya terbatas.

“APD itu proses pembeliannya susah, walaupun ada uang tapi barangnya tidak ada yang sesuai spesifikasi, “ujar Teguh.

Teguh mengimbau kepada masyarakat Kota Tanjungpinang, untuk tetap berada di rumah menjaga jarak, cuci tangan, karena tidak tahu orang yang terlihat sehat ternyata terserang penyakit covid 19 tersebut.

“Hindari kerumunan dan tetap menjaga jarak dengan orang lain, “pesannya. (cr2)