Asisten Manajer Terminal Penumpang PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, Raja Junjungan Nasution, mengingatkan calon penumpang agar menjaga jarak dan menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan, Sabtu (21/3). F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Di saat pemerintah mengeluarkan imbauan agar masyarakat diam di rumah, untuk memutus penyebaran virus corona (covid-19). Justru pemandangan terbalik terlihat di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Sabtu (21/3).

Ratusan penumpang berdesakan menuju kapal tujuan Anambas,  Tambelan, dan pulau-pulau lainnya di Kepri. Meski PT.Pelindo I Cabang Tanjungpinang terus mensosialisasikan Social Distancing atau menjaga jarak antara satu dan lainnya kepada calon penumpang.

Masih banyak calon penumpang yang tidak mendengarkan arahan atau memperhatikan tanda yang sudah dipasang pihak Pelindo, terlebih saat akan menaiki kapal. Calon penumpang terlihat berdesakan, padahal hal itu dinilai berbahaya di tengah wabah Covid-19 yang terus menimbulkan korban.

Asisten Manajer Terminal Penumpang PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, Raja Junjungan Nasution, mengatakan saat ini calon penumpang di Pelabuhan Domestik SBP Tanjungpinang memang tidak mengalami penurunan signifikan, berbeda dengan Pelabuhan Internasional mengalami penurunan secara drastis.

“Sejak awal tahun, saat wabah virus corona mulai menyerang banyak negara, “kata Raja, saat dijumpai di Pelabuhan Domestik SBP Tanjungpinang, Sabtu (21/3).

Calon penumpang terlihat berdesakan saat akan masuk kapal, tanpa memperhatikan jarak dengan yang lainnya. Sebelum masuk kapal calon penumpang dicek suhu tubuh dan tangannya disemprotkan hand sanitizer, Sabtu (21/3). F.Peri Irawan / Batam Pos

Dikatakan Raja, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona pada calon penumpang, pihaknya terus mensosialisasikan Social Distancing kepada calon penumpang, mulai saat antre ke ruang tunggu hingga antre saat akan masuk kapal.

“Juga kami sediakan hand sanitizer di titik yang dinilai ramai, “ujar Raja.

Raja juga mengimbau melalui pengeras suara di Pelabuhan SBP Tanjungpinang setiap satu jam sekali, dalam imbauan itu mengingatkan kepada calon penumpang agar menjaga jaraknya dengan penumpang lain.

“Jalan menuju ponton juga diberi garis, dengan jarak satu meter. Masyarakat harus memperhatikan garis itu, “ucapnya.

Tidak hanya kepada calon penumpang, petugas Pelindo yang bertugas juga diingatkan agar selalu menggunakan masker dan hand sanitizer setiap saat.

Calon penumpang terlihat berdesakan saat akan masuk kapal, tanpa memperhatikan jarak dengan yang lainnya. Sebelum masuk kapal calon penumpang dicek suhu tubuh dan tangannya disemprotkan hand sanitizer, Sabtu (21/3). F.Peri Irawan / Batam Pos

“Sebab petugas kita berhubungan langsung dengan orang banyak. Makanya selalu diingatkan, “tutur Raja.

Di tempat yang sama, salah seorang calon penumpang, Reni, 37, bersama anaknya yang akan pulang kampung ke Anambas.

“Anak-anak libur sekolah. Kami kembali tanggal 30 nanti, “katanya.

Calon penumpang lainnya, Yunia, 29, yang akan berangkat ke Tambelan mengaku, saat ini lebih aman berada di kampung halaman,  sebab di Tanjungpinang sudah ada  satu pasien yang positif corona.

“Saya rasa, saat ini lebih aman di kampung, “tuturnya. (cr2)