Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Rio Reza Parindra. F.Yusnadi Nazar / Batam Pos

PRO PINANG – Unit Cyber Patrol Satreskrim Polres Tanjungpinang tengah menyelidiki sejumlah akun media sosial (medsos) yang sengaja menyebarkan berita bohong (hoaks) terkait Covid-19 atau virus Corona di media sosial.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Rio Reza Parindra menerangkan, sejumlah akun medsos tersebut merupakan akun bodong atau palsu. Pihaknya akan terus memonitor dan memantau akun yang sengaja menyebarkan hoaks yang menyebabkan keresahan di tengah masyarakat.

“Tim tengah melacak dan menyelidiki akun akun palsu di media sosial Facebook, “ungkap Rio, Sabtu (21/3).

Beberapa waktu lalu, kata Rio, terdapat akun palsu yang sengaja dibuat untuk menyebarkan kabar meninggalnya pasien positif terpapar virus Corona di Tanjungpinang.

“Kabar tersebut hoaks dan tidak benar, “katanya.

Kasat mengimbau masyarakat untuk tidak menebar kepanikan serta tidak ikut menyebarkan berita bohong khususnya dalam situasi waspada virus corona. Lakukan pengecekan kebenaran dari informasi yang akan dibagikan dan pastikan  diterima dari sumber terpercaya.

“Jika terbukti menyebar berita hoaks, pelaku bisa dipidana enam tahun penjara dan didenda¬† Rp1 miliar, “jelas Rio. (odi)