Kepala Dinas Sosial, Doli Boniara bersama Ketua Komisi II DPRD Kepri, Iskandarsyah melakukan rapat outdoor di Kantor Dinsos Kepri, Tanjungpinang. F.Dinsos Kepri untuk Batam Pos

PRO PINANG – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepri, Doli Boniara mengatakan di Provinsi Kepri ada 18.892 Kepala Rumah Tangga Perempuan di Provinsi Kepri menyandang status janda. Menurut Doli jumlah tersebut masuk kategori penduduk miskin yang turut menerima manfaat program pengentasan kemiskinan.

“Berdasarkan database kependudukan yang kita bukukan di Kepri ada 18.892 kepala rumah tangga yang berstatus janda,” ujar Doli di Tanjungpinang, Selasa (24/3).

Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri tersebut menjelaskan, data tersebut adalah sepanjang 2019. Masih kata Doli, tingkat umur para janda bervariasi yang masih usia produktif ada juga yang sudah lanjut.

Disebutkannya di Tanjungpinang ada 2.145 kepala rumah tangga yang menyandang status tersebut. Di Kota Batam ada 6.568, Karimun ada 3.526. Selanjutnya di Bintan 2.139, berikutnya adalah Natuna dengan jumlah 1.339. Kemudian di Anambas sebanyak 887 kepala keluarga. Sedangkan di Lingga terdapat 2.018 kepala tangga perempuan yang menyandang predikat janda.

“Jumlah tersebut adalah 18,06 persen dari angka kemiskinan di Provinsi Kepri. Persoalan ini juga menjadi perhatian kami tentunya, karena mereka masuk dalam kategori penerima manfaat program keluarga harapan,” jelas Doli.(jpg)