Ketua Satgas Desinfeksi Masjid-Ponpes pencegahan penularan Covid-19, dr Mohammad Syamsu Rizal bersama pengurus PCNU lainnya saat akan menyemprot Disinfektan di Masjid Agung Al-Hikmah Tanjungpinang, Rabu (25/3). F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tanjungpinang lakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah Masjid di Tanjungpinang sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Masjid merupakan salah satu tempat yang ramai didatangi umat islam untuk melaksanakan ibadah solat berjamaah, sehingga perlu dilakukan penyemprotan.

Ketua PCNU Tanjungpinang, Juramadi Esram mengatakan kegiatan itu didasari tanggungjawab NU terhadap bangsa untuk ambil bagian dalam pencegahan penyebaran Covid-19 yang saat ini pandemi di banyak negara.

“Berupa lahir dan batin. Lahirnya seperti yang kami lakukan hari ini berupa disinfeksi di masjid dan pondok pesantren, kemudian secara batiniah PCNU sudah memberikan imbauan untuk memperbanyak sholawat, “kata Juramadi, pada Batam Pos, Rabu (25/3).

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Desinfeksi Masjid-Pondok Pesantren (Ponpes) pencegahan penularan Covid-19, dr.Mohammad Syamsu Rizal menjelaskan disinfeksi yang dilakulan di Masjid Agung Al-Hikmah merupakan kegiatan pertama dan akan berlanjut ke pondok pesantren.

“Hari ini perdana rencananya dua Masjid dan satu pesantren Al-Kautsar, “katanya.

Untuk ke depannya, dikatakan Syamsu Rizal penyemprotan akan terus dilakukan di Masjid yang belum di disinfeksi, akan berlanjut hingga Tanjungpinang terbebas dari virus tersebut.

Petugas sedang menyemprot Disinfektan ruangan tempat solat di Masjid Agung Al-Hikmah Tanjungpinang, Rabu (25/3). F.Peri Irawan / Batam Pos

“Setiap hari, jika masih diberikan waktu dan tenaga akan kami lakukan, “ucapnya.

Ia mengatakan, jika ada pihak lain yang membutuhkan bantuan mereka untuk disinfeksi, pihaknya juga siap melayani, namun tetap berdasarkan ketersediaan petugas yang menyemprot.

“Kami ada tiga tim, empat alat penyemprot, jika hari itu ada waktu kami akan semprot, “tuturnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengedukasi pihak masjid untuk menyediakan hand sanitizer atau sabun pencuci tangan.

“Sehingga tangan sebagai media tempat virus bisa bersih, “tambahnya.

Ia berharap dengan kondisi pandemi saat ini, apapun yang diinstruksikan pemerintah kepada masyarakat bisa diikuti. Biasakan perilaku hidup sehat dengan cara mencuci tangan dengan sabun. (cr2)