Wakil Ketua II DPRD Kota Tanjungpinang, Hendra Jaya. F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – DPRD Kota Tanjungpinang bersama Pemko Tanjungpinang persiapkan anggaran penanggulangan bencana virus corona (covid-19) sebesar Rp 12,7 miliar berdasarkan hasil rapat bersama.

Wakil Ketua II DPRD Kota Tanjungpinang, Hendra Jaya, mengatakan beberapa hari lalu pihaknya bersama Pemko Tanjungpinang telah melaksanakan rapat pembahasan anggaran untuk penanggulangan bencana covid-19.

“Sebanyak Rp 12,7 miliar dianggarkan untuk penanggulangan bencana covid-19 di Tanjungpinang, “kata Hendra, (26/3).

Dijelaskan Hendra, dana tersebut berasal dari penundaan, anggaran yang sebelumnya dibahas dalam APBDP 2020, seperti anggaran Bantuan Sosial (Bansos) dan biaya tidak terduga sehingga total semuanya sebanyak Rp 15,7 miliar namun yang disetujui sebanyak Rp 12,7 miliar.

“Anggaran yang dipersiapkan itu sekitar Rp 15,7 miliar, namun yang diajukan tim sebesar Rp 12,7 miliar, maka itu sepakati, “ujarnya.

Hendra menyampaikan, dana tersebut akan digunakan untuk membeli Alat Pelindung Diri (APD) tim medis yang menangani covid-19 dan alat perlengkapan medis, penyemprotan Disinfektan, termasuk untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maupun yang sudah dinyatakan positif terjangkit Covid-19 yang tidak bisa bekerja.

“Juga kita anjurkan untuk diberi karena, mereka tidak bisa bekerja, “ucapnya.

Menurut Hendra, anggaran itu secepatnya harus digunakan, sebab pembahasan itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) mengenai perubahan anggaran untuk bencana covid-19.

“Secepatnya harus kita gunakan, “tegasnya.

Terpisah, Sekertaris Kota (Sekda) Tanjungpinang, Teguh Ahmad Syafari Selaku Ketua Tim Gugus percepatan penanganan covid-19 di Tanjungpinang mengatakan, anggaran penanggulangan bencana Covid-19 memang sebesar Rp 12,7 miliar dan sudah digunakan untuk pengadaan.

“Sedang proses pengadaan dan administrasi. Setelah itu langsung digunakan, “sebutnya. (cr2)