Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Muhammad Dali. F.Jailani / Batam Pos

PRO PINANG – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri, Muhammad Dali masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait pembatalan ujian nasional, khusus mengenai peserta Ujian Nasional (UN) Program Paket.

“Memang Kemendikbud sudah menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang pembatalan UN. Namun khusus Program Paket proses penyertaan bagi lulusan program ini akan ditentukan kemudian, “ujar Muhammad Dali, Jumat (27/3) di Tanjungpinang.

Menurut Dali, secara teknis usulan peserta ujian paket diusulkan dari masing-masing Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten/Kota. Masing-masing peserta ujian paket yang menjadi peserta ujian nasional tahun ini adalah mereka yang telah mengikuti proses belajar mengajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di masing-masing Kabupaten/Kota. Ditegaskannya, bagi pemegang paket B bisa melanjutkan pendidikan tahap selanjutnya.

“Begitu juga dengan Paket C juga diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ketentuan ini tentu menyesuaikan dengan peraturan yang ada di dunia pendidikan, “jelas Dali.

Mantan Kepala Bidang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tersebut menyebutkan, ada 72 PKBM se Provinsi Kepri yang sudah mendaftarkan peserta untuk mengikuti program Ujian Paket B, dan Paket C. Masih kata Dali, peserta paket B sebanyak 2.070 orang, peserta paket C 2.715 orang. Melihat angka tersebut, kata Dali, jumlahnya terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2019 lalu.

“Secara keseluruhan ada 4.785 orang yang sudah didaftarkan untuk mengikuti ujian nasional program paket tahun 2020 ini. Berdasarkan keputusan Kemendikbud pelaksaan UN paket C pada 4-7 April 2020 mendatang, paket B 2-4 Mei 2020. Namun karena dibatalkan, tentu kita menunggu penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini dari Kemendikbud, “tutup Dali.

Berdasarkan data peserta Ujian Nasional (UN) Paket Disdik Provinsi Kepri tahun 2019 lalu, secara keseluruhan peserta paket B se Provinsi Kepri sebanyak 1.379 orang. Sedangkan peminat paket C sebanyak 1.925 orang. Jumlah tersebut tersebar di tujuh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepri. Sehingga total keseluruhan ada 3.473 orang yang ikut ujian paket. (jpg)