Masyarakat mencuci tangan di mobil keliling usai berbelanja di Pasar Baru I Tanjungpinang, Minggu (29/3). F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Polsek Tanjungpinang Kota menyediakan mobil keliling tempat cuci tangan yang ditempatkan di pintu masuk Pasar Baru I Tanjungpinang, Jalan Plantar II Tanjungpinang.

Tempat cuci tangan itu bisa digunakan masyarakat saat akan masuk atau keluar dari pasar usai berbelanja untuk antisipasi penyebaran virus corona (covid – 19).

Kapolsek Tanjungpinang Kota, AKP Reza Anugrah mengatakan atas imbauan dari Presiden dan Kapolri, pihaknya juga menyediakan mobil keliling tempat cuci tangan bagi pengunjung pasar untuk mencegah penyebaran virus covid.

“Dengan menyediakan mobil keliling yang di modifikasi sebagai tempat cuci tangan untuk warga yang berbelanja ke pasar, “kata Reza, Minggu (29/3).

sejumlah warga mencuci tangan di mobil operasional Kepolisian yang telah dimodifikasi. F.Humas Polres Tanjungpinang untuk Batam Pos

Dijelaskn Reza, mobil untuk cuci tangan itu dimodifikasi, sehingga terdapat beberapa selang air dan sabun untuk pencuci tangan. Mobil yang membawa tanki air dengan kapasitas 1 ton itu juga akan berkeliling di sekitar pasar baru dan pasar ikan.

“Untuk memudahkan masyarakat untuk mencari air bersih, untuk menjaga kebersihan tangan pada saat selesai melakukan transaksi dan jual beli di pasar, “ucapnya.

Mobil keliling tempat cuci tangan itu sudah berlangsung selama beberapa hari yang lalu, diharapkan hal itu dapat membantu masyarakat.

Reza menilai masyarakat cukup antusias untuk melakukan cuci tangan usai berbelanja, banyak yang berterima kasih khususnya untuk pemerintah yang ada Tanjungpinang Kota terhadap antisipasi penyebaran virus covid – 19 itu.

“Tidak hanya itu setiap hari Bhabinkamtibmas melakukan penyemprotan disinfektan di tempat ibadah dan rumah warga, “katanya.

Masyarakat mencuci tangan di mobil keliling usai berbelanja di Pasar Baru I Tanjungpinang, Minggu (29/3). F.Peri Irawan / Batam Pos

Sementara itu, salah seorang pedagang buah yang berjualan tepat di samping, mobil pencuci tangan itu, Edi, 48 menilai masyarakat senang dan sangat memanfaatkan itu untuk membersihkan tangan usai berbelanja.

“Tidak hanya pembeli, kami para pedagang juga mencuci tangan usai transaksi dengan pembeli, “tuturnya.

Kata Edi, dengan adanya air bersih dan sabun untuk cuci tangan itu masyarakat bisa terhindar dari virus yang membahayakan jiwa manusia.

“Diminta untuk menjaga kebersihan, dengan mencuci tangan seperti ini mudah-mudahan kita dapat terhindar, “harapnya. (cr2)