Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul. F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 422/Kesra Tahun 2020 tentang imbauan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di Masjid, Surau dan Musholla di Tanjungpinang.

SE tersebut ditujukan kepada Dewan Kemakmuran Masjid, Surat dan Musholla se-Tanjungpinang.

Syahrul dalam SE menyampaikan menindaklanjuti taushiyah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kepri tentang penyelenggaraan ibadah di Masjid, Surau dan Musholla dalam situasi pandemic Covid-19 saat ini maka masyarakat diminta tidak menyelenggarakan solat Jumat sampai kondisi kembali normal.

“Para jamaah dapat mengganti dengan solat zuhur, di kediaman masing-masing, “kata Syahrul dalam Surat Edarannya, Senin (30/3).

Kemudian dalam SE poin dua disampaikan kepada masyarakat tidak melaksanakan solat lima waktu secara berjamaah. Namun Murotal, Tarhim dan Adzan tetap dikumandangkan sebagai syiar islam.

“Masyarakat diminta solat berjamaah di rumah masing-masing, sampai kondisi kembali normal, “paparnya.

Selanjutnya masyarakat diminta tidak menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang melibatkan banyak orang di Masjid, Surau dan Musholla hingga situasi kembali normal.

Kepada Dewan Kemakmuran Masjid, Surau dan Musholla diminta untuk mendata jamaah yang kurang mampu, serta mengalokasikan dana KAS untuk membantu perekonomian jamaah kurang mampu yang saat ini sangat membutuhkan. (cr2)