Kepala BPS Kepri, Zulkipli. F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri memperpanjang jadwal sensus penduduk secara online selama dua bulan dan akan berakhir 29 Mei 2020 mendatang.

Kepala BPS Kepri, Zulkipli menjelaskan terkait dengan adanya pernyataan resmi dari BPS Pusat. Seiring perkembangan virus corona (Convid-19) di Indonesia, pelaksanaan sensus penduduk secara online diperpanjang hingga 29 Mei 2020 mendatang.

“Diperpanjang selama dua bulan, “kata Zulkipli, Rabu (1/4).

Dengan diperpanjangnya sensus penduduk secara online, kata Zulkipli sensus langsung oleh petugas BPS juga akan diundur nantinya. Sebelumnya jadwal sensus penduduk langsung akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020.

“Ya betul, sensus langsung juga akan diundur,”katanya.

Zulkipli berharap, dengan imbauan agar masyarakat tetap berada di rumah selama wabah virus corona ini, partisipasi masyarakat dalam mengisi sensus penduduk online juga meningkat.

“Karena waktu masyarakat di rumah lebih banyak, dan juga lebih santai, sehingga partisipasi diharapkan juga meningkat, “harapnya.

Di Kepri saat ini, partisipasi masyarakat selama sensus penduduk online dimulai sejak 15 Februari sampai 31 Maret 2020, sudah mencapai 81 persen dari target 15 persen yang ditetapkan.

“Terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah berpartisipasi. Besar harapan kami untuk masyarakat yang belum sempat melakukannya, supaya segera mengakses laman sensus.bps.go.id, “imbaunya. (cr2)