PRO PINANG – Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana mengatakan angka sembuh pasien positif Covid-19 di Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang grafiknya terus membaik. Berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang, jumlah pasien yang sembuh bertambah dua. Ia berharap kesembuhan ini bisa memberikan kabar baik bagi pasien yang sedang berjuang untuk bebas dari virus tersebut.

“Meskipun hari ini (kemarin,red) terjadi penambahan kasus positif covid-19, tapi kabar baiknya juga ada dua pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Tabib (RSUD RAT) Tanjungpinang yang dinyatakan sembuh,” ujar Tjetjep Yudiana, Senin (20/4) di Tanjungpinang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri tersebut menjelaskan, secara kumulatif saat ini ada 247 PDP yang tersebar di enam kabupaten/kota. Kemudian Orang Dalam Pemantauan (ODP) tercatat sampai saat ini sebanyak 2.650 orang. Sedangkan Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 1.255 orang. Sedangkan yang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 53 orang. Menurut Tjetjep, jumlah tersebut adalah daftar lokal, diluar Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 di Galang, Batam.

“Dari hasil rapid test yang sudah dilakukan di Kabupaten/Kota, didapati sebanyak 64 orang yang dinyatakan reaktif Covid. Sebelum membuat kesimpulan, maka akan diperkuat dengan PCR Test.” jelasnya.

Ditambahkannya, angka kesembuhan terbesar dicatatkan oleh Tanjungpinang sampai sejauh ini, yakni sebanyak enam kasus. Kemudian di Batam dan Karimun tercatat masing-masing satu kasus. Bagi memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, pihaknya mengharapkan kerjasama masyarakat, yakni untuk selalu mematuhi himbauan pemerintah.

“Harus sama-sama melakukan tindakan pencegahan. Sehingga sebaran Covid-19 bisa kita putus, dan tenaga medis bisa fokus merawat pasien yang sudah dinyatakan positif Covid-19.” harap Tjetjep. (jpg)