Kewajiban Pengunaan Masker dan Penyediaan Sarana Cuci Tangan / Handsanitizer di Fasilitas Umum tanggal 12 April 2020 yang berlaku efektif mulai tanggal 18 April 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan kemudian. F.Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos

PRO PINANG – Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Kepri, H Isdianto meyakini pasien yang sembuh akan terus bertambah. Dalam laporannya Senin (20/4) petang, Isdianto menyampaikan ada dua pasien di RS Raja Ahmad Thabib kembali sembuh.

“Alhamdulillah, hari ini dua pasien lagi sembuh. Semoga semakin banyak yang sembuh dan yang terkonfirmasi positif tidak bertambah lagi,” kata Isdianto di Gedung Daerah Tanjungpinang, Senin (20/4) petang.

Mereka yang sembuh adalah pasien nomor 15 yaitu Tuan RS dan pasien nomor 23 yaitu Nn RS. Dengan demikian, sudah delapan pasien yang sembuh di Kepri. Satu di Karimun, satu di Batam dan enam di Tanjungpinang.

Sampai Senin petang, pasien terkonfirmasi positif di Kepri bertambah satu orang. Penambahan ini membuat jumlah pasien positif covid19 menjadi 53 orang. Dari jumlah itu, 29 pasien ada di Batam, 21 di Tanjungpinang, dua di Bintan dan satu di Karimun.

Jumlah ini memang tidak digabungkan dengan pasien terkonfirmasi positif yang dirawat di RS Galang. Di Galang, ada 28 pasien terkonfirmasi positif bagian dari cluster KM Kelud.

Peningkatan juga terjadi di kelompok Orang Tanpa Gejala (OTG). Ada penambahan 88 OTG jika dibanding Ahad lalu dari 1.167 menjadi 1.255. Peningkatan itu terjadi di Karimun dari 31 OTG menjadi 75. Demikian juga di Batam dari 593 menjadi 631. Di Tanjungpinang juga terjadi peningkatan dari 408 ke 414. Sementara di Bintan satu penambahan dari 129 ke 130. Natuna tetap dengan 5 OTG.

Sementara kelompok Pasien Dalam Pemantauan juga mengalami peningkatan dari 234 ke 247 orang. Demikian juga dengan  jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) mengalami peningkatan dari 2.509 ke 2.650.

Sampai Senin, sudah 1.929 orang yang menjalani rapid tes. Dari jumlah itu ada 64 yang reaktif.

Pada kesempatan itu, Isdianto mengajak masyarakat untuk terus melakukan gerakan saling membantu antarsesama. Termasuk terus memotivasi tim medis yang terus berjuang agar pasien-pasien terdampak covid19 segera sembuh.

“Saat-saat seperti ini, banyak masyarakat yang saling membantu. Bersama-sama saling meringankan beban saudara sebangsa. Insya Allah, dengan bersama, wabah ini bisa kita lalui,” kata Isdianto. (cca)