Kepala Disperdagin Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani. F.Peri Irawan/ Batam Pos

PRO PINANG – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Tanjungpinang Mei mendatang akan mengadakan pasar murah menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Pasar murah itu selain rutin digelar jelang hari Raya Idul Fitri juga untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat saat pandemi virus corona (covid-19).

Kadisperdagin Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani mengatakan rencana kegiatan tersebut akan diselenggarakan 4 Mei 2020 mendatang, dengan total jumlah sebanyak 12.696.

Harga modal satu paket sebesar Rp 123 ribu kemudian disubsidi sebesar Rp 63 ribu.

“Harganya jual ke masyarakat sekitar Rp 60 ribu per paket,” kata Yani, Selasa (28/4).

Dijelaskan Yani dalam satu paket tersebut berisi 2 Kg gula pasir, 2 Kg tepung terigu, 1 liter minyak goreng dan 30 butir telur ayam.

Selain untuk membantu masyarakat alasan sembako itu juga bertujuan untuk menekan harga pasar jelang lebaran.

“Meskipun saat pandemi Covid-19, dikhawatirkan sejumlah harga barang semakin melonjak jelang lebaran seperti biasanya,” sebutnya.

Yani mengatakan, pihaknya tidak ingin disaat pandemi covid-19, harga sembako di pasaran semakin melonjak jelang lebaran. Untuk tempat penjualan, masyarakat dapat membeli paket sembako ini di kantor Disperdagin dan pada 18 kelurahan yang tersebar di kota Tanjungpinang.

“Untuk di kantor kami menyediakan 5.000 paket sedangkan di masing-masing kelurahan jumlahnya berbeda-beda, masyarakat bisa membeli di kantor atau langsung ke kelurahan,” tuturnya.

Ia berharap, melalui pasar murah itu dapat menjadi solusi masyarakat kelas menengah ke bawah untuk mendapatkan harga lebih murah dari harga pasar dalam memenuhi kebutuhan pokok jelang hari Raya Idul Fitri.

Dijelaskan Yani di Kecamatan Tanjungpinang Kota terdapat 689 paket meliputi kelurahan Tanjungpinang Kota sebanyak 48 paket, kelurahan Kampung Bugis sebanyak 386 paket, kelurahan Senggarang sebanyak 117 paket, dan kelurahan penyengat sebanyak138 paket.

Kecamatan Bukit Bestari terdapat 2.232 paket meliputi kelurahan Dompak sebanyak 111 paket, kelurahan Tanjungpinag Timur sebanyak 402 paket, kelurahan Tanjung Ayun Sakti sebanyak 493 paket, kelurahan Sei Jang sebanyak 692 paket, dan Tanjung Unggat sebanyak 534 paket.

Sedangkan untuk Kecamatan Tanjungpinang Barat terdapat 1.616 paket meliputi kelurahan Tanjungpinang Barat sebanyak 663 paket, kelurahan Kemboja sebanyak 275 paket, kelurahan Kampung Baru sebanyak 339 paket, dan Bukit Cermin sebanyak 339 paket.

Terakhir di Kecamatan Tanjungpinang Timur terdapat 3.159 paket meliputi kelurahan Batu IX sebanyak 727 paket, kelurahan Melayu Kota Piring sebanyak 727 paket, kelurahan Air Raja sebanyak 442 paket, kelurahan Pinang Kencana sebanuak 853 paket, dan Kampung Bulang sebanyak 411 paket. (raw)