Petugas sedang memeriksa jajanan takjil untuk berbuka, Selasa (28/4).F.Dinkes Dalduk KB untuk Batam Pos

PRO PINANG – Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes Daldul KB) Kota Tanjungpinang, Rustam mengatakan pihaknya bersama Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Tanjungpinang sudah lakukan pengujian sampling makanan takjil untuk berbuka.

“Kami telah melakukan sampling dan pengujian makanan takjil berbuka Ramadan pada 2 lokasi yaitu batu 10 dan jalan Pemuda,”kata Rustam, Rabu (29/4).

Dijelaskan Rustam pengujian yang dilakukan meliputi parameter formalin, boraks, rodamin B dan methilen yellow, dari hasil pemeriksaan semuanya negatif, artinya tidak satupun mengandung bahan berbahaya tersebut.

“Jumlah yang diperiksa sebanyak 73 sampel,” sebutnya.

Petugas sedang memeriksa jajanan takjil untuk berbuka, Selasa (28/4).F.Dinkes Dalduk KB untuk Batam Pos

Untuk pengujian tersebut, dilakukan sebanyak enam orang, yang terdiri dari tiga orang petugas Dinkes dan tiga orang petugas Loka POM.

Sedangkan untuk protokol keselamatan dan pencegahan covid-19, para pedagang harus memakai masker, celemek dan sarung tangan, meperhatikan antrean pembeli, mengatur jarak antar orang minimal 1,5 meter.

Kemudian memastikan makanan yang dijajakan tertutup dan menjaga kebersihan lingkungan, serta menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer.

“Bila sedang demam atau batuk jangan memaksakan diri berjualan,” imbaunya. (raw)